Geveducation: Download Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 RA, MI, MTs dan MA Lengkap

Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun pelajaran baru kita mempunyai pekerjaan yaitu mengisi data madrasah yaitu mengisi aplikasi EMIS bagi madrasah yang bernaung dibawah kementerian agama pengisian data EMIS ini dilakukan 2 dalam dalam setiap tahun pelajaran yaitu semester ganjil dan semester genap.


 Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun pelajaran baru kita mempunyai pekerjaan yaitu mengis Geveducation:  Download Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 RA, MI, MTs dan MA Lengkap


Sudah menjadi tugas operator madrasah atau guru yang ditugaskan dalam hal ini untuk mengisi Aplikasi Dekstop Emis Madrasah ini, mungkin ini terasa berat bagi operator atau guru yang ditugaskan tapi ini penting biasanya menyangkut juga dengan pencairan dana BOS jika madrasah tersebut menerima dana BOS dari pemerintah.

Pada awalnya, EMIS hanya digunakan untuk mengelola data madrasah mulai dari tingkat ibtidaiyah sampai dengan aliyah. Kemudianpada perkembangannya, EMIS diberi tambahan fungsi pengelolaan data Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal (RA/BA), Pengawas Madrasah, Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, bahkan sampai ke tingkat pendidikan tinggi (UIN/IAIN/STAIN), Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, TPQ/TKQ, dan Majelis Taklim.

Adapun tujuan dari pembangunan dan pengembangan EMIS di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam antara lain (Pedoman Mekanisme Pendataan Lembaga Pendidikan Islam Tahun Pelajaran 2009-2010. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009 : halaman 8-9) :

1. Menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan dalam perumusan kebijakan, perencanaan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan proyek, penyusunan anggaran dan pengambilan keputusan.
2. Menyediakan dan mendukung pimpinan dengan data terbaru yang diperlukan untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam skala regional dan nasional.
3. Membantu percepatan penyelenggaraan otonomi daerah dengan menyajikan data secara regional (provinsi dan kabupaten/kota) sehingga daerah dapat dengan mantap menyusun rencana pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan mempertimbangkan aspek kesetaraan, kualitas, efisiensi, dan efektivitas.
4. Memperkuat kemampuan provinsi dan kabupaten/kota dalam memenuhi permintaan data dan informasi dari pejabat yang lebih tinggi atau pihak lain.
5. Menilai pelaksanaan dan pencapaian tujuan pendidikan di madrasah dilihat dari aspek kesetaraan, kualitas, efisiensi, dan efektivitas.

Dalam penggunaannya EMIS ini kadang-kadang banyak mengalami error dan error tersebut berbeda-beda dengan sekolah lain. Untuk mengetahui error apa saja yang yang sering di alami oleh operator emis silahkan klik disini untuk lebih tahu dan cara mengatasinya

Sebelum menggunakan aplikasi dekstop ini biasanya ada aplikasi lain yaitu form pengisian data EMIS berupa file excel yang terdiri dari Form data Lembaga, Form data Personal, Form data Siswa, dan Form data kelulusan siswa. Form data ini harus dipersiapkan sebagai acuan ketika menggunakan aplikasi dekstop emis semeter ganjil ini. Bagi yang belum mempunya form data excel emis ini bisa lihat disini

Bagi yang sudah mempunyai form data emis yang berupa file excel silahkan download format excel emis ini disini.


Tapi sebelum menggunakan aplikasi ini ada beberapa saran agar terhindar error dalam penggunaan aplikasi dekstop emis ini :


  1. Ganti regional setting pada komputer anda sudah berganti english bukan indonesia
  2. File Excel form pendataan mulai dari Form data Lembaga, Form data Personal, Form data Siswa, dan Form data kelulusan siswa pastikan sudah ditutup atau close bukan minimize
  3. Sebelum uploud form pendataan pada aplikasi pastikan data validasi pada form excelnya tidak ada yang error. Ini sangat penting banyak terjadi disini pada kawan-kawan saya terutama operator yang hingga akhirnya ditolak oleh admin pusat sehingga harus mengulang dan mencari kesalahannya pada data excelnya.
  4. Pastikan semua aplikasi tertutup semua ketika akan menjalankan aplikasi dekstop emis ini, jika tidak kadang ketika baru dijalankan akan terjadi error.
  5. Siapkan data-data pengisian aplikasi terutama form data excel lembaga dan lebih baik dicetak untuk menghindari kesalahan. 


Bagi yang sudah siap maka silahkan download aplikasi desktop EMIS semeter ganjil tahun pelajaran 2016/2017 RA, MI, MTs dan MA


  1. Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 RA; (coming soon)
  2. Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 MI; 
  3. Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 MTs;
  4. Aplikasi Desktop EMIS Semester Ganjil 2016/2017 MA; 


Mohon maaf untuk file download RA belum bisa di download karena emis dekstop untuk RA memang belum di luncurkan.

Sambil menunggu pengumuman dari kemenag pusat secera cepat jika file emis dekstop RA sudah ada akan segera kami update agar bisa didowload oleh lembaga yang membutuhkan. Karena dari banyak forum banyak yang menanyakan aplikasi dekstop emis RA mengingat waktu semester satu akan berakhir.

Dan jika pada pemakaiannya ada yang error silahkan cari solusinya disini

Demikian informasi tentang aplikasi dekstop emis ini kami ulas. Silahkan tinggalkan komentar jika mengalami kendala dalam mendowload atau tentang aplikasi dekstop emis tersebut.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya