geveducation: Rangkuman Materi Muatan IPS Kurikulum 2013 SD/MI (Paket 4)



Rangkuman Materi IPS K13 SD - Selamat datang di Geveducation, apa kabar Bapak/Ibu guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD? pada kesempatan semester 2 genap tahun pelajaran 2018/2019 ini berikut admin share mengenai Rangkuman Materi Muatan IPS KTSP baik K-2006 maupun Tematik K-2013 Kurtilas Kurikulum 2013 SD yang mana rangkuman materi IPS atau  Ilmu Pengetahuan Sosial ini dapat juga adik-adik kelas 6 SD simak sebagai referensi belajar mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah 2019 USBN 2019.




Globalisasi

 kata globalisasi diambil dari kata global Gevedu:  Globalisasi

Menurut asal katanya, kata globalisasi diambil dari kata global, yang maknanya adalah universal. Dengan kata lain, globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari sikap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah geografis, belum memiliki defenisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working defenition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Globalisasi dapat diartikan juga sebagai terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama. Dengan demikian, dapat ditarik garis besar bahwa globalisasi adalah proses mendunia atau proses secara umum berlangsung di seluruh dunia.
Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia:
1. Perubahan dalam konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multidimensional, dan dominasi organisasi semacam world trade organization (WTO).
3. Peningkatan interaksi cultural melalui perkembangan media masa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olahraga internasional). Saat ini, kita dapat mengkonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literature, dan makanan.
4. Mengingkatkan masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multidimensional, inflasi regional dan lain-lain.
Berdasarkan uraian di atas maka, globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Maka, globalisasi membentuk masyarakat dunia yang dalam tanda kutip mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya setempat.



Sejarah Uang


Uang telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang saat ini. Setiap hari orang dewasa pergi bekerja untuk mencari uang. Jika orang menginginkan sesuatu, maka ia harus membelinya dengan uang. Sejak kecil anak sudah mengenal adanya uang, itu sebabnya banyak anak yang meminta uang kepada orang tuanya untuk sekedar membeli makanan atau mainan kesukaannya. Sehingga di sekolah anak belajar mengenai uang dari mulai cara membaca, menghitung, juga sejarahnya. Pada tulisan ini penulis akan membahas mengenai sejarah uang yang dipelajari di SD kelas 3 pada Kurikulum 2006.
Uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebelum adanya uang, manusia memenuhi kebutuhan pribadinya dengan mencari dan membuatnya sendiri. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dengan cara menanam bahan makanan, membuat baju sendiri dari pepohonan, membuat tempat tinggal dari bambu, dan lain sebagainya. Namun, semakin hari kebutuhan manusia semakin berkembang, manusia tidak lagi mampu membuat kebutuhannya sendiri, mereka membutuhkan bantuan orang lain.
Dari peristiwa tersebut maka munculah kegiatan barter. Barter adalah perdagangan dengan saling bertukar barang. Dengan kata lain, barter adalah proses tukar-menukar barang. Mulailah manusia menukarkan barangnya dengan barang yang ia butuhkan. Namun, kegiatan barter ini cukup sulit dilakukan karena antara satu orang dengan yang lainnya harus menukarkan hal yang dibutuhkan masing-masing. Sehingga kegiatan barter mulai ditinggalkan manusia, dengan alasan:
1. Sulit menemukan orang yang cocok diajak barter
Di dalam kegiatan barter diperlukan orang yang cocok, artinya orang tersebut membutuhkan barang yang akan kita tukarkan dan kita pun membutukan barang yang dimilikinya. Hal ini secara kebetulan dapat terjadi, namun tidak mudah ditemukan.
2. Nilai barang yang akan ditukarkan sukar ditentukan
Cara menentukan nilai atau harga suatu barang harus ditentukan pada barang tersebut. Misalnya, beras dan baju memiliki harga atau nilai tukar. Permasalahan yang muncul adalah berapa kg beras dapat ditukarkan untuk mendapatkan sebuah baju? Hal ini sulit untuk ditentukan, sehingga ditemukan kesulitan dalam proses barter.
3. Pilihan barang dibatasi.
Barang yang ada terikat syarat-syarat tertentu jika ingin ditukarkan sedangkan pihak yang membutuhkan tidak bisa memenuhi hal tersebut. Biasanya berhubugan dengan kuantitas dan kualitas barang.
4. Kesulitan mengangkut dan menyimpan.
Kesulitan disini apabila pihak yang diajak barter menukarkan barang yang banyak, sehingga tidak memungkinkan cukup, jika tempat yang dimilikinya kecil.

 Uang telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang saat ini Gevedu:  Sejarah Uang
Barter

Setelah kegiatan barter mulai ditinggalkan, sedangkan manusia tetap harus memenuhi kebutuhannya, munculah pemikiran-pemikiran baru untuk menggunakan benda-benda tertentu yang digunakan sebagai alat tukar. Benda yang dimaksud berupa kulit, emas, kerang, atau garam. Namun, dalam pelaksanaannya pun masih banyak memiliki kesulitan, diantaranya:
1. Nilainya tidak stabil
Nilai benda tersebut selalu berubah setiap saat dalam kurun waktu yang relatif singkat.
2. Sulit disimpan
Seperti halnya barter, ada beberapa benda yang membutukan ruang atau tempat penyimpanan yang besar, sehingga hal ini menjadi kesulitan tersendiri.
3. Tidak tahan lama
Misalnya garam, jika disimpan lama akan mencair.
4. Sulit untuk dipindahkan ke tempat lain
Barang atau benda yang digunakan sulit dibawa jika akan pergi ke tempat lain dikarenakan benda yang terlalu banyak atau terlalu berat.
Dari kesulitan-kesulitan tersebut, membuat manusia memilih emas dan perak sebagai alat untuk menukarkan barang. Dengan alasan, sebagai berikut:
1. Mudah dipindahkan
2. Dapat diterima dan dipercaya oleh umum
3. Jumlahnya terbatas
4. Tahan lama dan tidak mudah rusak
5. Mudah disimpan
6. Memiliki nilai tetap untuk jangka waktu yang panjang

 Uang telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang saat ini Gevedu:  Sejarah Uang
Emas dan Perak

Kesulitan-kesulitan selanjutnya dapat teratasi dengan menggunakan emas dan perak sebagai alat tukar-menukar barang. Sehingga muncullah apa yang dinamakan dengan uang logam. Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi sehingga digemari umum, tahan lama dan tidak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan mudah dipindah-pindahkan. Logam yang memenuhi syarat-syarat tersebut adalah emas dan perak, sehingga dijadikanlah emas dan perak sebagai alat tukar.

 Uang telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang saat ini Gevedu:  Sejarah Uang
Uang Logam

Pada saat itu, setiap orang berhak menempa uang, melebur, menjual atau memakainya, dan memiliki hak tidak terbatas dalam menyimpan uang logam. Sejalan dengan perkembangan perekonomian, timbul kesulitan uang logam yang harus dilayani bertambah, sedangkan jumlah logam mulia (emas dan perak) terbatas. Penggunaan uang logam pun sulit dilakukan untuk penggunan dalam jumlah besar sehingga muncullah uang kertas. Walaupun sampai saat ini uang logam masih beredar di masyarakat, yang pada umumnya terbuat dari perunggu dan alumunium tidak lagi emas dan perak.

 Uang telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang saat ini Gevedu:  Sejarah Uang
Uang Kertas

Uang kertas yaitu uang yang bahan pembuatannya berasal dari kertas. Alasan manusia memilih ketiga benda tersebut, yaitu perunggu, alumunium, dan kertas karena harganya lebih murah dibanding benda lain. Alat tersebut yang masih digunakan sampai saat ini dan memenuhi seluruh kebutuhan manusia walaupun jumlahnya besar. Dari peristiwa tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa uang adalah benda yang dijadikan sebagai alat tukar-menukar barang/jasa dan memiliki syarat-syarat tertentu agar dapat digunakan serta diterima oleh masyarakat.
Pada masa saat ini, setiap orang memerlukan uang sebagai alat pembayaran yang utama. Beberapa manfaat dan kegunaan uang, sebagai berikut:
1. Sebagai alat tukar yang resmi dan sah.
2. Sebagai alat pembayaran.
3. Sebagai ciri atau identitas negara.



Mata Uang Berbagai Negara di Dunia


Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum. Uang digunakan untuk melakukan pembayaran baik barang maupun jasa.
Uang memiliki syarat umum, sebagai berikut:
1. Diterima umum.
2. Stabil nilainya.
3. Mudah dibawa.
4. Tahan lama.
5. Tidak mudah ditiru.
6. Dapat dibagi dalam unit yang lebih kecil.
7. Mempunyai jaminan.
8. Tidak mudah rusak.
Jenis uang yang digunakan dalam suatu negara berbeda-beda dan memiliki nilai yang berbeda pula. Jenis uang ini lebih akrab dikenal dengan istilah mata uang. Setiap negera memiliki mata uangnya masing-masing. Namun, ada pula mata uang yang digunakan bersama oleh beberapa negara. Berikut informasi beberapa mata uang di dunia dan negara yang menggunakannya:
1. Rupiah
Rupiah adalah mata uang resmi negara Indonesia. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia. Uang Rupiah memiliki dua bentuk yakni kertas dan logam. Nilai uang kertas Rupiah relatif lebih tinggi nilainya daripada nilai uang logam pada uang Rupiah.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

2. Dollar
Dollar adalah mata uang yang digunakan oleh beberapa negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Singapura, Australia, Brunei Darussalam, Kanada, dan masih banyak lagi. Namun, Dollar yang digunakan pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Untuk itu, ada Dollar Amerika Serikat, Dollar Singapura, Dollar Australia, dan lain-lain.
Dollar AS adalah mata uang resmi negara Amerika Serikat yang digunakan pula di beberapa negara lain, seperti Timor Leste, Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall, Ekuador, dan negara lainnya). Dollar AS juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Penerbitan uang Dollar AS dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

3. Euro
Euro merupakan mata uang yang digunakan oleh 19 negara anggota Uni Eropa. Beberapa negara tersebut, diantaranya Belanda, Finlandia, Irlandia, Spanyol, Jerman, Italia, Slovenia, dan negara lainnya. Uang kertas Euro di negara mana pun rupanya sama, tetapi untuk uang logamnya berbeda-beda. Uang logam Euro setiap negara memiliki lambangnya sendiri.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

4. Peso
Peso berasal dari bahasa Spanyol yang berarti berat. Dahulu Peso merupakan nama dari sebuah koin yang berasal dari Spanyol dan menjadi penting di dunia internasional. Kini Peso dijadikan nama mata uang yang digunakan di beberapa negara bekas koloni Spanyol, seperti Argentina, Chili, Meksiko, Uruguay, Filipina, Kolombia, dan lainnya. Seperi halnya Dollar, Peso yang digunakan di berbagai tersebut pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Untuk itu, ada Peso Uruguay, Peso Filipina, Peso Argentina, dan sebagainya.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

5. Yen
Yen merupakan mata uang yang digunakan oleh negera Jepang. Pemerintah Jepang menetapkan mata uang Yen sejak tahun 1871.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

6. Dinar
Dinar merupakan mata uang yang berlaku di beberapa negara di dunia. Kebanyakan di negara-negara dengan mayoritas penduduk berbahasa Arab. Beberapa negara yang menggunakan Dinar, antara lain Abu Dhabi, Sudan, Yaman, Kroasia, Federasi Arab Selatan, Yugoslavia, dan lain-lain. Sama dengan Dollar maupun Peso, Dinar yang digunakan di berbagai negara tersebut pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Untuk itu, terdapat Dinar Abu Dhabi, Dinar Sudan, Dinar Yaman, Dinar Yugoslavia, dan sebagainya.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia


7. Riyal
Riyal merupakan mata uang yang digunakan oleh kerajaan Arab Saudi. Riyal telah digunakan menjadi mata uang yang dipergunakan oleh Arab Saudi sejak negara itu didirikan.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

8. Franc
Franc merupakan mata uang yang digunakan oleh beberapa negara bekas jajahan Perancis, seperti Burundi, Komoro, Rwanda, dan lain-lain. Sama dengan Dollar, Peso, dan Dinar, Franc yang digunakan di berbagai negara tersebut pun berbeda dan memiliki nilai tukar yang berbeda pula. Maka, terdapat Franc Burundi, Franc Komoro, Franc Rwanda, dan sebagainya.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

9. Lev
Lev adalah mata uang yang digunakan secara resmi oleh negara Bulgaria sejak tahun 1881. Mata uang ini memiliki pecahan 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 Lev.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

10. Yuan
Yuan dikenal juga dengan nama Renminbi merupakan mata uang Republik Rakyat Cina. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Rakyat Cina.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

11. Krone
Mata uang Krone digunakan oleh beberapa negara di benua Eropa, seperti Norwegia, Swedia, dan Denmark.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

12. Rupee
Rupee digunakan sebagai mata uang di beberapa negara, seperti India, Pakistan, Sri Langka, Nepal, Mauritius, dan Seychelles. Kata Rupee diambil dari bahasa Sansekerta Raupya yang berarti koin perak.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

13. Won
Won merupakan nama mata uang negara Korea Selatan dan Korea Utara. Won diperkenalkan sebagai mata uang Korea pada tahun 1902. Pada tahun 1945, dengan berpisahnya Korea, mata uang pun dipisah menjad dua, yakni Won Korea Selatan dan Won Korea Utara.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

14. Pound
Pound atau dikenal juga dengan Pound Sterling merupakan mata uang Britania Raya. Selain di Britania Raya, Pound juga digunakan di Kepulauan Falkland, Gibraltar, Guernsey, Jersey, dan lain-lain. Pound adalah mata uang tertua di dunia yang telah ada dan tidak berubah sejak 600 tahun terakhir. Kata Pound sendiri merujuk pada logam perak seberat satu Pound yang digunakan sebagai nilai pembanding mata uang tersebut. Pihak yang bertanggung jawab atas sirkulasi dan nilai tukar Pound adalah Bank of England.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

15. Rubel
Rubel merupakan mata uang yang digunakan oleh negara Rusia dan Belarus. Pembuatan mata uang Rubel bermula pada tahun 1704. Rubel yang pertama adalah perak. Pada abad ke 19, beberapa koin Rubel menggunakan platinum. Sedangkan pada tahun 1897 Rubel jenis emas diperkenalkan. Kini Rubel tidak ada kaitannya dengan emas.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

16. Dirham
Dirham merupakan mata uang yang digunakan oleh beberapa negara Arab dan Tajikistan. Dirham berasal dari bahasa Yunani kuno dratto yang berarti menggenggam.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

17. Kwacha
Kwacha adalah mata uang resmi negara Zambia yang digunakan sejak tahun 1968. Kwacha memiliki pecahan uang 20, 50, 100, 500, 1.000, 5.000, 10.000, 20.000, dan 50.000 Kwacha.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia

18. Rand
Rand merupakan mata uang negara Afrika Selatan yang digunakan sejak tahun 1961. Mata uang ini terbagi menjadi pecahan 10, 20, 50, 100, dan 200 Rand.

 Uang merupakan alat tukar menukar yang dapat diterima oleh masyarakat umum Gevedu:  Mata Uang Berbagai Negara di Dunia


Perkembangan Alat Komunikasi Radio


Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan juga dapat merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium perantara.
Gelombang radio merupakan salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dan terbentuk ketika obyek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) dalam suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz (Hz) sampai beberapa gigahertz (GHz) dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik ataupun magnetik.
Ketika gelombang radio dipancarkan melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase pada kabel. Hal ini kemudian dapat diubah menjadi signal radio atau lainnya yang membawa informasi.
Meskipun kata radio digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara, namun transmisi gelombangnya dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi, radio, radar, dan telepon pada umumnya.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Radio
Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam tulisannya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik berdasarkan hasil kerja penelitiannya berkisar pada tahun 1861 sampai 1865.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
James Clerk Maxwell
Pada tahun 1878 David E. Hughes merupakan orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio. Itu terjadi ketika ia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. Hughes mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada tahun 1880. Namun, penemuannya ini hanya dianggap oleh masyarakat sebagai induksi.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
David E. Hughes
Heinrich Rudolf Hertz antara tahun 1886 sampai 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen dengan memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian) dan menemukan bahwa elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Heinrich Rudolf Hertz
Banyak penggunaan awal radio adalah di bidang maritim. Radio banyak digunakan mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awal adalah Angkatan Laut Jepang memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima di 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah pada saat tenggelamnya RMS Titanic pada 1912. Komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dan kapal terdekat, dan komunikasi ke stasiun darat untuk mendata penumpang yang terselamatkan menggunakan gelombang radio.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Kapal Titanic
Radio juga digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II. Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Amerika Serikat menyampaikan Empat Belas Pokok Priseden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Radio pada Perang Dunia II
Siaran radion mulai dapat dilakukan pada tahun 1920-an, dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran radio, siaran titik ke titik, termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Radio Tahun 1920-an
Penggunaan radio dalam masa sebelum perang digunakan sebagai pengembangan, pendeteksian, dan pelokasian pesawat dan kapal dengan penggunaan radar.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Kapal Menggunakan Gelombang Radio
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Radar
Pada masa sekarang, radio banyak bentuknya, termasuk jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak di segala jenis, dan penyiaran radio. Sebelum televisi terkenal, siaran radio komersial termasuk drama, komedi, beragam show, dan banyak hiburan lainnya terdapat pada siaran radio. Kini radio lebih banyak menyiarkan berita dan musik saja.
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Radio Modern
 Radio merupakan teknologi yang digunakan untuk perngiriman sinyal dengan cara modulasi da Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Radio
Siaran Radio
Secara umum, jenis frekuensi yang digunakan radio komunikasi adalah VHF (Very High Frequency) dan HF (High Frequency). VHF biasanya digunakan untuk radio komunikasi jarak dekat dan beroperasi pada frekuensi 100-300 Mhz. Hal ini disebabkan karena gelombang radio dipancarkan secara lurus (horisontal). Sehingga jika pada jarak antara 2 stasiun terdapat obyek-obyek seperti bangunan, pohon yang tinggi, atau pegunungan yang lebih tinggi dari pancaran radio, maka transmisi yang dikirimkan ataupun diterima akan terhambat.
Sedangkan HF merupakan gelombang radio yang bekerja pada frekuensi 2-24 Mhz dan biasanya digunakan untuk radio komunikasi jarak jauh karena sifat gelombangnya yang dapat memantul sehingga tidak memiliki efek hambatan pada obyek. Ditambah lagi dengan kemampuan frekuensi ini untuk memantul pada lapisan ionosfer, sehingga jarak sejauh apapun dapat dijangkau oleh frekuensi ini, dengan catatan dalam keadaan cuaca yang cukup bagus.


Perkembangan Alat Komunikasi Televisi


 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Dalam penemuan televisi (tv) terdapat banyak pihak, penemu maupun pengembang yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi adalah penemuan hukum gelombang elektromagnetik yang dikemukakan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Joseph Henry dan Michael Faraday
Pada tahun 1876, George Carey menciptakan selenium camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Selanjutnya, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa sebagai sinar katoda.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
George Carey
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Eugen Goldstein
Lalu, pada tahun 1884 Paul Nipkow, ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Paul Nipkow
Pada tahun 1888, Friedrich Reinitzer, ahli botani Austria menemukan cairan kristal (liquid crystal) yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun LCD baru dikembangkan sebagai layar pada tahun 1950-an.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Friedrich Reinitzer
Pada tahun 1897, Tabung Sinar Katoda (CRT) pertama diciptakan ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi dasar televisi layar tabung.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
CRT Pertama
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Karl Ferdinand Braun
Pada tahun 1900, istilah televisi pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran Teknologi Dunia di Paris.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Constatin Perskyl
Kemudian pada tahun 1907 Campsbell Swinton dan Boris Rosing dalam percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar.

 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Campsbell Swinton
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Boris Rosing
Pada tahun 1927, Philo T. Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja dari televisi.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Philo T. Farnsworth
Tahun 1929, Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Vladimir Zworykin
Pada tahun 1958, sebuah karya tulis ilmiah pertama tentang LCD sebagai tampilan dikemukakan oleh Dr. Glenn Brown. Pada tahun 1964, prototipe sel tunggal display televisi plasma pertama kali diciptakan oleh Donald Bitzer dan Gene Slottow.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Gene Slottow dan Donald Bitzer
Tahun 1967, James Fergason menemukan teknik twisted nematic, layar LCD yang lebih praktis. Tahun 1968, layar LCD pertama kali diperkenalkan lembaga RCA yang dipimpin oleh George Heilmeier. Selanjutnya tahun 1975, Larry Weber dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
James Fergason
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
George Heilmeier
Tahun 1979, para ilmuwan di perusahaan Kodak berhasil menciptakan televisi jenis baru yang disebut Organic Light Emitting Diode (OLED). Sejak itu, mereka terus mengembangkan jenis televisi OLED. Sementara itu, Walter Spear dan Peter Le Comber membuat tampilan warna LCD dari bahan thin film transfer yang ringan. Kemudian tahun 1981 stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1125 garis.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Organic Light Emitting Diode (OLED)
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Walter Spear dan Peter Le Comber
Tahun 1987, Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display untuk pertama kalinya. Tahun 1995, setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Weber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Larry Weber kemudian mengadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita pada tahun 2000-an.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Larry Weber
Kini teknologi televisi semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma maupun CRT terus mengeluarkan produk yang lebih sempurna.
Hadirnya televisi yang memberikan begitu banyak informasi kepada kita, kita dapat menambah ilmu pengetahuan. Beragam stasiun tv dengan aneka program siarannya yang disajikan dengan kualitas gambar dan tata suara yang apik, menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi, berita, dan hiburan. Hampir semua rumah di Indonesia maupun dunia memiliki sebuah televisi.
Dalam perkembangannya, televisi terbagi menjadi empat macam, yakni:
1. Televisi mekanik
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
2. Televisi elektronik
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
3. Televisi berwarna
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
4. Televisi digital
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi pertama di Indonesia yang mengudara sejak tahun 1962 di Jakarta. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Siaran ini berupa tayangan hitam putih. Kemudian TVRI meliput Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Logo TVRI
TVRI merupakan stasiun televisi tertua di Indonesia dan satu-satunya televisi yang jangkauannya mencapai seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah penonton sekitar 82 persen penduduk Indonesia. Saat ini TVRI memiliki 27 stasiun daerah dan 1 stasiun pusat dengan didukung oleh 376 satuan transmisi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
TVRI bersiaran dengan menggunakan dua sistem yaitu VHF dan UHF. TVRI Pusat Jakarta setiap hari melakukan siaran selama 19 jam, mulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB dengan substansi acara bersifat informatif, edukatif, dan entertain. Dahulu TVRI pernah menayangkan iklan, kemudian pada tahun 80-an dan 90-an TVRA tidak menayangkan iklan dan akhirnya TVRI kembali menayangkan iklan. Status TVRI saat ini adalah Lembaga Penyiaran Publik. Sebagian biaya operasional TVRI masih ditanggung oleh negara.
Selama 27 tahun, Indonesia hanya bisa menyaksikan satu saluran saja, yakni TVRI. Namun, pada tahun 1989, pemerintah akhirnya mengizinkan RCTI sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, meski hanya penduduk yang mempunyai parabola dan dekoderlah yang dapat menyaksikan RCTI tetapi akhirnya dibuka untuk masyarakat mulai Tanggal 21 Maret 1992 di Bandung. Sejak saat itu semakin banyak bermunculan stasiun televisi di Indonesia, seperti SCTV, ANTV, Indosiar, dan sebagainya.
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Logo RCTI
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Logo SCTV
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Logo ANTV
 Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun Gevedu:  Perkembangan Alat Komunikasi Televisi
Logo Indosiar

Demikian geveducation:  Rangkuman Materi Muatan IPS Kurikulum 2013 SD/MI (Paket 4)

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya