Geveducation: Ikuti 5 Tips ini Ketika Ada Panggilan Interview Kerja, Agar Diterima

5 Tips Panggilan Interview Kerja - Setelah memasukan surat lamaran kerja dan melakukan beberapa tes seperti psikotes ke sebuah perusahaan atau ke berbagai perusahaan, hal yang paling di tunggu - tunggu pastinya adalah panggilan interview kerja. Ketika mendapat panggilan interview kerja, tentunya perasaan anda gembira bukan?
Geveducation:  Ikuti 5 Tips ini Ketika Ada Panggilan Interview Kerja, Agar Diterima

Dari ratusan bahkan ribuan surat lamaran kerja yang masuk, anda termasuk salah satu pelamar yang mendapat perhatian dari perusahaan tersebut. Itu artinya selangkah lagi anda mendapatkan pekerjaan yang selama ini anda harapkan.

Maka dari itu sebelum hari H-nya interview kerja, alangkah baiknya membaca tips agar interview kerja anda lancar dan pastinya peluang di terima akan semakin dekat. Karena interview adalah momen paling penting sebagai penentuan di terima atau tidaknya menjadi bagian di perusahaan tersebut. Bahkan saya sempat bertanya ke beberapa HRD perusahaan tentang hal penting agar di terima menjadi karyawannya, ternyata adalah pada saat sesi wawancara atau sering di sebut interview. Tapi bukan berarti surat lamaran kerja tidak penting, hanya saja surat lamaran kerja menjadi landasan atau dasar dari identitas si pelamar.




Mengingat dari hasil saya bertanya ke beberapa HRD perusahaan tadi, saya akan berbagi 5 Tips saat Interview Kerja agar di terima. Berikut beberapa tips nya :

1. Persiapan Sebelum Hari Interview Kerja

"There is no success without planning" kalimat itu memang benar sekali adanya, karena semua keberhasilan itu didapat berdasarkan perncanaan dan persiapan. Contohnya Tuhan saja menciptakan isi bumi ini dengan perencanaan, tidak ada yang serta - merta dibuatnya tanpa tujuan.

Jadi, hal terpenting anda berhasil interview kerja adalah perencanaan atau persiapan yang matang sebelum waktu interview kerja, sehingga kesiapaan dan kesigapan ketika di wawancara menjadi lebih terpampang.

Anda bisa membuat persiapan beberapa minggu atau hari sebelum hari H-nya seperti mencari info tentang sejrah, visi dan misi perusahaan tersebut, atau anda juga bisa bertanya kepada beberapa teman anda yang sudah bekerja di perusahaan tentang hal apa saja yang sering di tanyakan saat wawancara kerja atau anda bisa baca - baca artikel di internet tentang tips - tips berhasil interview kerja seperti yang saat ini yang sedang anda baca.

Jangan sampai anda kebingungan dengan pertanyaan saat interview sedang berlangsung.

2. Datang Tepat Waktu

Tidak ada toleransi bagi untuk datang terlambat saat interview maka dari itu ketepatan waktu adalah hal yang sangat penting yang menentukan keseriusan dan profesionalitas anda. Kalau wawancara saja anda sudah berani terlambat datang, bagaimana kalau sudah bekerja nanti?

Memang banyak sekali faktor yang mengakibatkan seseorang terlambat datang salah satunya adalah jalanan macet atau tidak tahu lokasi tempatnya. Tapi hal tersebut bisa di hindarkan dengan anda datang lebih pagi dan 1 atau 2 hari sebelumnya anda melakukan survei sekaligus mengetahui jarak tempuh perjalanan ke lokasi dimana wawancara kerja itu di adakan.

Tapi jikalau ada kondisi yang membuat anda harus datang terlambat, konfirmasikan segera ke perusahaan tentang kondisimu, dan caritahu apakah jadwal interview anda bisa di reschedule atau tidak?

3. Penampilan yang Rapi, Santai dan Sopan

Penampilan adalah kunci utama dari ketertarikan perusahaan, karena dengan berpenampilan yang terlihat rapi dan elegan akan menunjukan bahwa anda mempunyai keseriusan untuk bekerja.

Tapi perlu di ingat, penampilan santai disini bukan seperti ke tempat wisata atau ke undangan pesta pernikahan, tapi lebih ke memilih pakaian yang tidak terlalu banyak corak atau ber make-up sewajarnya. Cara paling aman adalah dengan memakai celana katun panjang, baju resmi yang tidak banyak corak dan make - up yang tidak berlebihan.

Satu lagi gunakan minyak wangi yang beraroma kalem, gunakan secukupnya saja.

4. Tunjukan Rasa Percaya Diri, Hindari Rasa Grogi!

Interview kerja memang tidak kalah menegangkan dari ujian nasional ketika anda masih duduk di bangku sekolahan. Oleh karena itu persiapkanlah sebelumnya untuk tidak gerogi dan tunjukan rasa percaya diri anda ketika interview sedang berlangsung. Tapi jangan berlebihan juga dalam menunjukannya, sewajarnya saja. Satu lagi jangan terlalu sering penggunaan kata "hmm..." juga, karena anda akan di anggap mengulur - ulur waktu dan terkesan kurang percaya diri oleh si pewawancara.

Perlu anda ingat juga bahwa rasa grogi dapat membuat konsentrasi seseorang hilang bahkan ketika anda menjawab pertanyaan pun akan terbata - bata dalam berucap. Usahakan menjawab pertanyaan dengan luwes dan runut serta tunujukan gesture yang santai tapi sopan supaya kamu lebih terlihat percaya diri.

5. Jaga Wibawa

Pada saat sesi inteview berlangsung biasanya pewawancara menanyakan tentang ide dan gagasan kepada para para calon kerja. Namun hal ini sering terlupakan ketika sedang interview. Boleh saja menunjukan ketertarikan bahkan memimpikan posisi tersebut, tapi ingat anda juga harus bisa jaga wibawa dalam menjawab. Jangan terlalu over, jawab dengan singkat namun berbobot.

Kalau anda sebelumnya pernah bekerja, pasti pewawancara akan bertanya kenapa anda resign atau keluar dari kerjaan anda sebelumnya. Segalak atau sekejamnya atasan atasan anda sebelumnya, jangan pernah anda berusaha menjelekannya atau curhat tentang ketidaknyamanan anda disana. Karena perbuatan seperti itu akan membuat anda di anggap tidak respek terhadap atasannya. Dan mungkin suatu saat akan menjelekan mereka di kantor baru anda selanjutnya.


Untuk kesempurnaan dan kelancaran ketika interview kerja, sebaiknya anda juga mematikan Handphone anda ketika mau menghadap interview. Karena hal tersebut selain menganggu proses wawancara, juga terkesan tidak menghargai si pewawancara. Jadi persiapkan lah semaksimal mungkin kesempatan anda dan tetap semangat !

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya