Arsip OSN: Soal Hots Tentang Suhu dan Pemuaian

Geveducation. Soal UN Matematika SMP maupun SMA tahun 2018 sudah diselipin soal soal hots kemdikbud. HOTS adalah singkatan dari High Other Thinking Skill atau dalam bahasa indonesianya kira kira maksudnya adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kesempatan ini kami coba menyajikan soal fisika yang menurut kami merupakan soal hots, karena untuk menyelsaikan soal yang kami sajikan dibawah nanti juga membutuhkan kemampuan berfikir tingkat tinggi juga. Perlu adanya analisa untuk membahas soal tersebut.

Berikut tiga soal hots soal fisika tentang Suhu dan Pemuaian yang kami sajikan, semoga bermanfaat.

Soal HOTS Nomor 1
Seorang siswa yang sedang praktikum dilaboratorium ingin mengukur suhu tiga macam larutan didalam wadah menggunakan dua jenis termometer yaitu termoter A dan termoter B. Pada wadah pertama diperoleh suhu 20 ⁰A dan 36 ⁰B. Selanjutnya pada wadah kedua diperoleh suhu -10 ⁰A dan 12 ⁰B. Jika siswa tersebut memeriksa suhu larutan pada wadah ke tiga memperoleh suhu 56 ⁰B maka suhu larutan pada wadah ketiga yang diukur pada termoter A adalah ... ?
 Soal UN Matematika SMP maupun SMA tahun  Arsip OSN:  Soal Hots Tentang Suhu dan Pemuaian

Soal HOTS Nomor 2
Sekelompok siswa dalam menyelesaikan tugas proyek mata pelajan fisika membuat sebuah temometer "Y" dengan mengkalibrasikannya pada temometer Reamur. Hasil pengukuran yang diperoleh, kelompok tersebut menyajikan data dalam bentuk grafik berikut.

 Soal UN Matematika SMP maupun SMA tahun  Arsip OSN:  Soal Hots Tentang Suhu dan Pemuaian

Berapakah titik atas (titik didih) termometer Y tersebut.

Soal HOTS Nomor 3
Sebatang besi panjangnya 100 cm pada suhu 10 ⁰C. Setelah dipanaska sampai suhu 110 ⁰C panjang batang besi menjadi 100,05 cm. Suatu logam lain yang koefisien muai panjangnya tiga kali koefisien muai panjang besi panjang awalnya 120 cm pada suhu 20 ⁰C, tentukan panjang logam tersebut jika dipanaskan sampai suhu 80 ⁰C.

Soal HOTS Nomor 4
sebuah gelas kaca bervolume 500 cm³ penuh berisi alkohol pada suhu 0 ⁰C. Jika dipanaskan sampai 50 ⁰C. Bepara volume alkohol yang tumpah ? ( koeefisien muai volume gelas 0,000027 /⁰C dan koeefisien muai volume alkohol 0,00120 /⁰C)

Yang menjawab silahkan posting jawaban kamu dikomentar ya..

Semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama kami yang menposting.

#FolderOSN   #SOALHOTS 

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya