Geveducation: Aplikasi Cetak Kartu Ujian Disertai Foto dengan Micosoft Excel

Pada hari ini admin akan menshare aplikasi cetak kartu ujian yang dilengkapi dengan foto siswa. Aplikasi ini banyak manfaatnya ketika sekolah atau madrasah akan membuat kartu ujian.

Namun sebelumnya pastikan microsoft office yang anda pakai minimal menggunakan microsoft office 2007 SP3. Karena kalau tidak menggunakan Office 2007 SP3 maka foto yang ada dikartu itu tidak bisa tercetak ketika di print walaupun tampilannya ada, namun ketika di preview atau di print foto tidak tampil alias tidak tercetak.

aplikasi cetak kartu ujian yang dilengkapi dengan foto Geveducation:  Aplikasi Cetak Kartu Ujian Disertai Foto dengan Micosoft Excel
Aplikasi Cetak Kartu Ujian Disertai Foto dengan Micosoft Excel

Aplikasi ini berbentuk excel sehingga masih bisa di edit atau dirubah datanya. Waktu pembuatan aplikasi cetak kartu ujian yang dilengkapi foto ini menggunakan microsoft excel 2007. Dan admin belum mencoba membuka atau menjalankannya di excel atasnya alias kakaknya, karena menurut saya menggunakan office 2007 masih cukup dalam penggunaannya.

Tapi dari pengalaman teman-teman sesama pengguna aplikasi cetak kartu ujian ini yang telah menggunakannya dengan memakai microsoft office diatas micorosoft office 2007 katanya masih lancar-lancar saja.

Karena ini masih peluncuran atau pembuatan yang pertama mungkin fitur yang ada dalam aplikasi cetak kartu ini masih minim sehingga perlu pengembangan agar lebih sempurna. Jadi perlu adanya tester-tester pengguna yang lain sehingga ada masukan untuk memasukkan atau menambahkan fitur apa saja yang diperlukan.

Karena kalau tidak ada yang mencoba maka admin sendiri juga masih kurang pengalamannya. Sehingga jika ada banyak pemakai aplikasi ini maka akan tahu kurang atau kelemahnnya untuk diperbaiki. Karena tiap madrasah atau sekolah kebutuhannya juga beda-beda. Dengan sharing seperti ini diharapkan bisa dikembangkan lebih baik.

Jadi setelah memakai aplikasi ini kalau ada kurang atau kelemahannya silahkan tinggalkan komentar dibawah artikel ini.

Sebelum memakai atau menjalankan aplikasi kartu ujian dengan excel 2007 ini ada beberapa hal yang harus anda lakukan antara lain sebagai berikut :


  1. Pastikan microsoft office yang anda pakai minimal microsoft office 2007 SP 3 agar foto yang ada dalam aplikasi bisa tercetak.
  2. Macro excel harus posisi enable dahulu sebelum menjalankan aplikasi ini, jika belum tahu cara mengaktifkan macro excel silahkan baca cara mengaktifkan macro microsoft excel 2007.
  3. Pastikan sebelum mengganti foto compres dulu ukuran file fotonya agar respon atau loading aplikasi ini tidak terlalu berat. Perlu diketahui aplikasi ini menggunakan foto ukuran 3 x 4 cm. Semakin besar file foto atau ukuran foto akan semakin berat pula loading fotonya apalagi siswa nya yang banyak. Anda bisa membaca artikel tentang cara mengkompres file foto dengan aplikasi microsoft office picture manager.


Mungkin hanya tiga point itu yang penting sebelum menggunakan atau menjalankan aplikasi cetak kartu ujian di sertai foto ini.

Aplikasi ini awalnya admin gunakan untuk ujian kelas 6 saja, tapi ternyata juga bisa kita gunakan untuk ujian UTS, UAS dan UKK atau ujian yang lain seperti lomba atau sejenisnya.

Selanjutnya jika dari tiga point diatas telah anda lakukan, admin pos madrasah akan menunjukkan cara penggantian foto pada data siswa sebagai berikut :


  1. Jangan langsung hapus foto didalam cell excel tersebut.
  2. Caranya klik kanan foto kemudian pilih change picture.
  3. Cari lokasi foto yang anda gunakan tentunya foto yang sudah anda kompres sebelumnya agar loading nanti tidak berat.


Sekali lagi aplikasi cetak kartu ujian dengan foto ini masih dalam tahap pengembangan sehingga perlu try and error atau uji coba dari banyak pihak dan butuh masukan-masukan dari anda sehingga menjadikan aplikasi ini lebih efisien, ringan dan mudah digunakan.

Silahkan anda gunakan dan kembangkan aplikasi cetak kartu ujian ini dan sesuaikan dengan madrasah atau sekolah anda sehingga dapat bermanfaat dan berguna ketika akan membuat kartu ujian.

Sengaja saya tidak mengunci rumus-rumus yang ada dalam aplikasi cetak kartu ujian ini agar bisa jadi pembelajaran bagi guru atau TU dan Petugas IT di madrasah dan sekolah anda untuk mempelajarinya. Namun begitu juga jika ada ilmu baru yang admin pos madrasah belum tahu silahkan dishare disini ya.

Untuk mendownload Aplikasi Cetak Kartu Ujian Disertai Foto dengan Micosoft Excel silahkan klik link dibawah ini :

Download Aplikasi Cetak Kartu Ujian Disertai Foto dengan Micosoft Excel

Demikian sedikit share tentang aplikasi cetak kartu ujian disertai foto menggunakan microsoft excel ini dapat kami bagikan. Semoga dapat digunakan dan dimanfaatkan demi kemajuan madrasah atau sekolah di seluruh indonesia.

Jika dalam penggunaan aplikasi ini ada kesulitan kiranya dapat meninggalkan pesan atau komentar dibawah ini agar kami admin pos madrasah dapat mengetahui dan menjawabnya atau menemukan solusinya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya