Arsip OSN: Indonesia Kembali Raih Medali Emas Olimpiade Fisika Internasional di Portugal

Team Olimpiade Fisika Internasional yang berlomba di Portugal kembali raih medali emas. Olimpiade Fisika Internasional yang diberinama International Physics Olympiad (IPhO) tahun 2018 di laksanakan di Portugal tepatnya di kota Libason pada tanggal 21-29 juli 2018.  Dalam ajang yang bergengsi ini,  pelajar indonesia kembali membawa nama harum indonesia di kancah internasional dalam bidang keilmuan fisika.  Team IPhO indonesia meraih lima medali (1 medali emas,  1 medali perak dan 3 medali perunggu).

 Team Olimpiade Fisika Internasional yang berlomba di Portugal kembali raih medali emas Arsip OSN:  Indonesia Kembali Raih Medali Emas Olimpiade Fisika Internasional di Portugal

Dalam ajang International Physics Olympiad (IPhO) tahun 2018 di Portugal tersebut berikut nama siswa peraih medali emas,  perak dan perunggu

  1. Medali emas diraih oleh Johanes Suhardjo,  pelajar dari SMAK Frateran Surabaya
  2. Medali perak diraih oleh Jason Jovi Brata dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta
  3. Medali perunggu diraih oleh Bryant Juspi dari SMA Darma Yudha Pekanbaru
  4. Medali perunggu diraih kedua oleh Ahmad Aufar Thoriq dari SMA Semesta BBS Semarang dan 
  5. Medali perungggu ke tiga diraih oleh Raditya Adhidarma Nugraha dari SMAN 1 Yogyakarta. 
International Physics Olympiad (IPhO) 2018 diikuti oleh 87 negara. Peserta IPhO melakukan olimpiade dengan 2  macam ujian yaitu theoretical and experimental.  Untuk menjadi peserta tingkat internasional tentu tidaklah mudah,  mereka adalah peserta yang lolos selekso dari tingkat kabupaten,  seleksi tngkat provinsi dan seleksi nasional. 

Olimpiade Fisika Internasional merupakan kompetisi tahunan untuk siswa sekolah menengah yang bertujuan untuk mempromosikan fisika dan interaksi antar siswa internasional. Olimpiade Fisika Internasional tahun lalu diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia, sedangkan tahun depan akan diselenggarakan di Tel Aviv, Israel.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya