Arsip OSN: Provinsi manakah yang akan menjadi tuan rumah OSN 2019?

Olimpiade Sains Nasional (OSN)  Tahun 2018 dilaksanakan di Padang pada tanggal 1 Juli s.d 7 Juli 2018. Penunjukan provinsi sumatera barat menjadi tuan rumah osn 2018  disampaikan ketika acara penutupan osn 2017 di kota pekanbaru.  Sampai sekarang ini para calon peserta OSN 2019 masih bertanya tanya dimana OSN 2019 nanti akan di laksanakan. 

Pada upacara penutupan dan Penganugerahan Medali OSN 2018 di kota padang yang di tempatkan di gedung Auditorium Universitas Negeri Padang dan penyerahan pataka dari tuan rumah OSN 2018 yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Bapak Nasrul Abit mewakili gubernur Sumatera Barat bapak iwan Prayitno kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Prof Muhadjir Effendy. Nantinya pataka ini akan diserahkan kepada tuan rumah OSN tahun 2019. Tidak diserahkan dan tidak disebutkan dalam acara penutupan tersebut provinsi yang akan menjadi tuan rumah kegiatan sains nasional bagi siswa seluruh indonesia ini. 

Sampai saat ini masih banyak siswa para calon osn 2019 bertanya tanya di grup media sosial dimana osn 2019 akan di laksanakan.  Mengingat sekarang sudah akhir agustus menunjukkan tidak lama lagi akan 2019. Melihat kebelakang untuk pelaksanaan OSN tingkat kabupaten dilaksanakan pada bulan maret.  Lebih kurang 6 bulan lagi akan dilaksanakan kembali osn tingkat kabupaten. 6 bulan adalah waktu yang sangat singkat. 

OSN tahun 2018 adalah OSN yang ke 17 dan OSN 2019 nanti akan menjadi OSN yang ke 18 mengingat OSN pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002 di Yogyakarta. 

Rampung urusan pataka, Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan pidato pengarahan. Ia mengungkapkan mengenai filosofi menang-kalah. “Tentu semua menjadi pemenang dalam lomba ini, dalam kompetisi ini. Dan saya yakinkan pada kamu semua. Kamu semua adalah pemenang!” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan motivasi.

Siapa yang paling konsisten menjadikan dirinya sebagai saintis, menjadi ilmuwan, dialah pemenang yang sesungguhnya. Pemenang sesungguhnya adalah mereka yang paling konsisten. Nanti pada masa dewasanya akan tumbuh menjadi saintis yang terkenal. Ingat kalau saudara sudah menjadi ilmuwan, saintis terkenal, jangan lupa bahwa Anda pernah mengikuti OSN di Padang ini, pesan Mendikbud Muhadjir Effendy.

Demikian Arsip OSN

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya