Arsip OSN: Soal Hots Periode dan Frekuensi Gerak Harmonik Sederhana

Geveducation.  Sahabat semuanya kali ini  folder osn kembali berbagi soal hots fisika.  Soal hots fisika yang dibagikan kesempatan ini adalah soal tentang periode dab frekuensi gerak harmonik sederhana pada pegas.  Soal ini cocok untuk adek adek SMA dan juga bagi adek adek SMP yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti osn.  

 folder osn kembali berbagi soal hots fisika Arsip OSN:  Soal Hots Periode dan Frekuensi Gerak Harmonik Sederhana

Soal pertama
Mobil bergoyang naik turun saat melewati jalan yang berlubang,  berosilasi dengan periode T1.  Mobil ini ditopang oleh empat pegas. Kebetulan setelah kejadian ini,  dua pegas dari empat yang menopang mobil putus.  Mobil ini melewati jalan yang berlubang lagi sehingga bergoyang naik turun,  berosilasi dengan periode  T2.  Perbandingan periode T1  dan T2 adalah

Untuk menjawab soal di atas,  adek harus tahu susunan empat pegas yang menopang mobil untuk periode pertama dan tahu susunan pegas ketika dua pegas dari empat putus. 
Anggapannya untuk masa mobil adalah tidak berubah.  Silahkan cari menggunakan persaman periode pegas pada GHS T = 2 phi akar m per ka. Nanti adek adek akan dapat jawabannya untuk T1 : T2 adalah akar 2 : 2

Soal kedua
Pegas pegas keempat roda mobil bergerak naik turun dengan periode (akar 2) sekon ketika melalui jalannyang berlubang.  Massa mobil dan sipengemudi adalah 1,2 ton.  Jila pengemudi sekarang menaikkan beberapa orang temannya dan barang sehingga massa total menjadi 2,4 ton.  Berapakah periode mobil pada pegas pegasnya ketika melalui lubang? 
(jawaban = 2 sekonq)

Soal ketiga
Sebuah perangkat lunak dari peralatan elektronik akan dihancurkan dengan menggunakan getaran pada frekuensi 10 Hz.  Perangkat lunak ini di angkut dalam suatu kotak yang ditopang oleh empat buah pegas.  Massa total perangkat lunak dan kotak adalah 5 kg.  Berapakah konstanta k yang akan di rekomendasikan untuk masing masing pegas itu. 
(jawaban = 5000 N/m)

Soal ke empat
Dua buah pegas dengan konstanta masing masing k1 = 400 N/m dan k2= 200 N/m. Jika pegas  k1 dipotong menjadi dua bagian yang sama persis,  kemudian kedua bagian potongan itu dihubungkan paralel dan selanjutnya sistem ini dihububgkan seri dengan pegas k2,  hitunglah konstanta pegas gabungan sekarang. 

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya