Arsip OSN: Contoh Soal HOTS UN Matematika

Contoh Soal HOTS Ujian Nasional Matematika SMA. Tidak lama lagi akan datang kembali ujian nasional untuk siswa yang kelas XII bagi siswa sma dan kelas IX bagi siswa SMP. Soal ujian nasional sekarang ini sudah mulai di sisipi dengan soal soal hots yang membutuh penalaran bagi siswa untuk menyelesaikan soal tersebut. Guru disekolah juga dituntut untuk memberikan latihan latihan soal hots kepada siswa.

Dalam tulisan Contoh Soal HOTS UN Matematika ini Geveducation juga mengambil soal hots matemtika yang dibagikan oleh pak anak dan mengetik ulangnya kembali. Bagi sahabat semua yang ingin mendapatkan langsung soal hots matematika dari pak anang silahkan joind Telegramnya Berbagi dan Belajar ( @pakanangblog t.me/pakanangblog ). Silahkan simak soal soal berikut.

Baca Juga :

  1. 6 Contoh Soal HOTS UN Matematika SMA 2019
  2. 2 Contoh Soal HOTS UN Matematika SMA 2019
  3. Contoh Soal HOTS UN Matematika SMP 2019

SOAL NO 1
Perhatikan gambar dibawah
 Contoh Soal HOTS Ujian Nasional Matematika SMA Arsip OSN:  Contoh Soal HOTS UN Matematika

Gambar diatas menunjukkan denah lokasi perkemahan Persami SMAN Maju Jaya digambarkan dengan koordinat kartesius. Jika akan didirikan suatu tiang bendera dilokasi perkemahan dengan syarat jarak tiang bendera ke tenda regu "Harimau" dan regu "Singa" harus sama serta jarak tiang bendera harus sedekat mungkin ke tenda regu "Serigala", maka pernyataan yang benar adalah ..
A. Jarak tenda regu harimau dengan regu singa sama dengan jarak tiang bendera ke tenda regu serigala
B. Jarak tenda regu harimau dan regu singa adalah dua kali jarak tiang bendera ke tenda regu serigala
C. Jarak tenda regu harimau dan regu singa adalah tiga kalo jarak tiang bendera ke regu serigala
D. Jarak tenda regu harimau dan regu singa adalah empat kalo jarak tiang bendera ke regu serigala
E. Jarak tenda regu harimau dan regu singa adalah enam kalo jarak tiang bendera ke regu serigala

SOAL NO 2
Perhatikan gambar dibawah
 Contoh Soal HOTS Ujian Nasional Matematika SMA Arsip OSN:  Contoh Soal HOTS UN Matematika

Gambar di atas menunjukkan botol minuman yang dibawa oleh citra ke sekolah. Gambar (a) menunjukkan botol 1 yang berisi minuman rasa jeruk sebanyak 1.600 ml, sedangkan gambar (b) menunjukkan botol 2 yang berisi air gula sebanyak 800 ml.

Pada hari senin, citra menginginkan rasa "manis enak" yaitu satu bagian air gula dalam lima bagian minuman jeruk. Karena citra tidak memiliki wadah lain untuk mencampurkan air gula dan minuman jeruk, maka untuk mendapatkan rasa "manis enak" citra menuangkan sebagian minuman jeruk di botol 1 ke botol 2, lalu campuran air gula dan minuman jeruk di botol 2 kembali dituangkan di botol 1 sehingga botol 1 penuh.

Pada hari selasa, cintra menginginkan rasa "manis banget", yaitu satu bagian air gula dalam tiga bagian minuman jeruk. Untuk mendapatkan rasa manis banget citra melakuka hal yang sama seperti hari senin.

Maka pernyataan dibawah yang benar adalah
A. Selisih minuman jeruk yang dituangkan pada hari senin dan selasa adalah 250 ml
B. Selisih minuman jeruk yang dituangkan pada hari senin dan selasa adalah 300 ml
C. Selisih minuman jeruk yang dituangkan pada hari senin dan selasa adalah 350 ml
D. Selisih minuman jeruk yang dituangkan pada hari senin dan selasa adalah 400 ml
E. Selisih minuman jeruk yang dituangkan pada hari senin dan selasa adalah 550 ml

SOAL NO 3
Gambar (a) menunjukkan ifa membeli mainan papan draft game yang berdiameter 28 cm secara online untuk menyalurkan hobinya bermain papan target. Gambar (b) menunjukkan detil ukuran papan dart game.
 Contoh Soal HOTS Ujian Nasional Matematika SMA Arsip OSN:  Contoh Soal HOTS UN Matematika

 Contoh Soal HOTS Ujian Nasional Matematika SMA Arsip OSN:  Contoh Soal HOTS UN Matematika

Aturan permainannya adalah nila dihitung pada angka pada bagian papan yang tertempel peluru suction lembut.

Ifa menembak peluru suction lembut dengan sebuah peluru dan saat peluru menempel di papan Ifa mencatat nilainya dikertas. Ifa melakukan penembakan peluru tersebut sebanyak 3 kali. Jika P(A) adalah peluang Ifa mendapatkan total nilai 30 dari tiga tembakan, maka pernyataan berikut yang benar adalah
A. 1/9 < P(A) < 1/8
B. 1/8 < P(A) < 1/7
C. 1/7 < P(A) < 1/6
D. 1/6 < P(A) < 1/5
E. 1/5 < P(A) < 1/4

SOAL NO 4
Adi dan Budi merupakan sahabat karib. Malam itu mereka berada dirumah masing-masing. Jarak kedua rumah adalah 2 Km. Adi mengirim pesan singkat kepada budi bahwa dia sedang beridiri menghadap rumah budi dan bermain pistol laser hijau yang kuat dan ditembakkan dengan sudur elevasi 750 ke awan yang berada dilangit antara kedua rumahnya sehingga mengenai awan. Budi beranjak berdiri di depan rumah sambil mengamati titik hijau di awan menggunakan klinometer dan terbaca sudut yang terbentuk 450 . Maka tinggi awan yang ditembak adi adalah ...
 Contoh Soal HOTS Ujian Nasional Matematika SMA Arsip OSN:  Contoh Soal HOTS UN Matematika


SOAL NO 5 (Nyusul yaaaa)

Soal hots untuk anak SMP
Perhatikan gambar berikut

Gambar (a) menunjukkan isi flashdisk Geveducation yang berukuran 1 GB (1 GB = 1.024 MB). Gambar (b) menunjukkan folder bernama "File Soal-Bahas UN SMP 2002-2018" dari laptop temannya yang berukuran 300 MB. Karena Geveducation ingin menyimpan satu folder file tersebut sedangkan kapasitas flashdisk sudah tidak mencukupi lagi. maka Geveducation harus menghapus salah satu folder file yang sudah ada. Geveducation hanya ingin menghapus folder file yang berukuran sekecil-kecilnya, maka agar Geveducation dapat menyimpan Folder file tersebut maka folder file yang harus di hapus adalah ...
A. Ebook Olimpiade Matematika SMP
B. Ebook Pelajaran SMP
C. File Tugas
D. Foto dn Video

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya