Geveducation: Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK V.2

DHGTK V2 - Salam semangat dan salam satu data buat rekan-rekan OPS serta guru sekalian, memasuki akhir Oktober 2018 kabar yang sudah lama ditunggu-tunggu Guru PNS atau Sertifikasi akhirnya datang juga yaitu Pengusulan SKTP dan Pencairan Tunjangan Profesi Pendidik Triwulan III Tahun 2018.

Berikut ini disampaikan kepada guru-guru sekalian:

1. Penyerahan kelengkapan Administrasi Penyaluran Tunjangan Profesi Pendidik Jenjang TK, SD, dan SMP Triwulan III Tahun 2018 pada tanggal 18 s.d 26 Oktober 2018;

2. Berkas diantarkan oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga setempat ke Panitia Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten setempat;

3. Pengusulan SKTP dan Pencairan Tunjangan Profesi Pendidik tidak dipungut biaya. 


Berdasarkan Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil  Daerah (PNSD) maka dapat disampaikan sebagai berikut:

Persyaratan

1. Print out Info GTK dari Laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id yang sudah VALID (Guru Penerima Tunjangan Profesi) 
- Bagi PNS agar menandatangani disamping gaji pokok
- Bagi NON PNS agar menandatangani di samping Jensi Kepegawaian

2. Print out Info PTK Aplikasi Laporan Bulanan Online Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Setempat yang ditandatangani Kepala Sekolah (Guru Penerima Tunjangan Pofesi);

3. Print out Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Dapodik beserta lampirannya yang di download melalui http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id  dengan menggunakan Login Operator Sekolah untuk setiap sekolah (1 sekolah 1 SPTJM);

4. Print out Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Daftar Hadir Guru Tenaga Kependidikan (DHGTK) bulan Juli-September 2018 di alamat http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id, bagi guru yang cuti agar melampirkan fotokopi surat cutinya (1 Sekolah 1 SPTJM);

5. Bagi Info GTK yang TIDAK VALID guru melakukan perbaikan data melalui Aplikasi Dapodikdasmen bersama operator sekolah dan setelah Valid baru mengantarkan berkasnya pada pengumuman berikutnya;

6. Jika Info GTK Valid namun Gaji Pokok yang tertera di Info GTK ada yang salah maka Guru melakukan perbaikan data melalui Aplikasi Dapodikdasmen besama Operator Sekolah dan menunda Pengusulan Berkas SKTP.


Tata Cara 

Berkas dibuat oleh Sekolah dalam 1 (satu) bundel dan diantarkan oleh Kepala Sekolah ke Koordinator Wilayah Kecamatan Dinas Pendidikan. 

Persyaratan disusun dan dimasukkan kedalam Map Tulang Berwarna (TK:Merah, SD:Kuning, SMP:Hijau) dengan tata urutan sebagai berikut:

1. Surat Pertanggung Jawaban Mutlak Dapodik;

2. Surat Pertanggung Jawaban Mutlak DHGTK;

3. Info GTK masing-masing guru;

4. Info GTK Laporan Bulanan Online masing-masing Guru.


Sumber: Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar


Berdasarkan persyaratan Pengusulan SKTP dan Pencairan Tunjangan Profesi Pendidik Triwulan III Tahun 2018, terdapat Print out Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Daftar Hadir Guru Tenaga Kependidikan (DHGTK) bulan Juli-September 2018.

Bagaimana Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK v.2?

Silahkan disimak informasi berikut ini:

1. Silahkan klik link berikut ini: http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/

Silahkan pilih mau pakai versi berapa, disini admin akan menggunkan v.2 karena untuk mencetak dan kunci SPTJM melalui DHGTK v.2

Silahkan login sesuai dengan akun dapodik sekolah atau akun Kepala Sekolah yang sudah aktif.



Geveducation:  Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK V.2



2. Setelah berhasil login, silahkan klik pada Tab Menu Kelengkapan Sekolah > SPTJM

Sebelum melakukan Kunci SPTJM pastikan data kehadiran guru sudah tepat, karena apabila DHGTK sudah dikunci tidak bisa lagi di rubah. 

Selanjutnya, pilih terlebih dahulu Bulan untuk dikunci dan cetak SPTJM caranya silahkan klik pada Kalender pilihlah bulan akan dikunci dan cetak SPTJM. 

Jika sudah silahkan isikan setiap kolom yang kosong seperti:

a. Pilih Penanggung Jawab nya siapa (Kepala Sekolah di sekolah tersebut siapa)

b. Isikan NIP Kepsek apabila ada

c.  Isikan Tanggal Lahir Kepsek

d.  Isikan Tempat Lahir Kepsek

e. Pilih Jabatan Kepala Sekolah

Pastikan semua data sudah benar, jika sudah silahkan klik pada Tombol Simpan. Apabila muncul notif seperti dibawah ini silahkan klik tombol selesai. 


Geveducation:  Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK V.2


Selanjutnya, silahkan Refresh (Fn+F5) terlebih dahulu. Jika sudah pilih kembali bulan yang telah di kunci tadi. Untuk Download PDF atau cetak PDF silahkan klik pada Tombol Download PDF disamping Tombol Refresh Data. 


Geveducation:  Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK V.2


Setelah tombol Download PDF di klik, maka kita akan masuk di halaman SPTJM silahkan klik pada tombol Download untuk Download dan silahkan klik tombol Print untuk cetak data. Dan inilah Contoh Print out Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak DHGTK. 






Geveducation:  Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK V.2
Demikian yang terbaru terkait dengan Geveducation:  Cara Kunci Absensi DHGTK dan Cetak SPTJM di DHGTK V.2

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya