Arsip OSN: Soal OSN IPA SMP Tahun 2018 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

Terus berbagi soal soal olimpiade disemua jenjang pendidikan, itulah misi yang dijalankan oleh folder OSN. Misi ini bertujuan untuk mempermudah siapa saja yang berkeinginan mendapatkan soal soal olimpiade. Beridirinya Geveducation untuk mempermudah semua dalam mendapatkan soal Olimpiade SD, SMP dan SMA dan juga soal OGN. Kesempatan ini kami bagikan ketikan ulang soal OSN IPA SMP Tahun 2018 Seleksi Tingkat Nasional, di Padang 01 s.d 07 Juli 2018 lalu. Silahkan pelajari guna untuk mempersiapkan dirimu menjadi sang juara OSN ditahun 2019 nanti.

 Terus berbagi soal soal olimpiade disemua jenjang pendidikan Arsip OSN:  Soal OSN IPA SMP Tahun 2018 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

BACA JUGA :
  1. Soal OSN IPA SMP 2018 Tingkat Nasional | DOWNLOAD
  2. Soal OSN IPA SMP 2018 Tingkat Kabupaten | DOWNLOAD

26. Pada suhu 0°C sebuah termometer X menunjukkan nilai 16 dan pada suhu 100 °C termometer X menunjukkan nilai 196. Termometer X akan menunjukkan nilai yang sama dengan termometer Celcius pada suhu .
A. - 6 ⁰C
B. - 12 ⁰C
C.  - 20 ⁰C
D. -26 ⁰C

27. Es bersuhu -10 °C dan bermassa 30 gram dicelupkan ke dalam air bersuhu 25 °C dan bervolume 190 ml. Diketahui masa jenis air 1 kg/liter. kalor jenis air 1 kal/g °C, kalor jenis es 0,5 kal/g °C, dan kalor lebur es 80 kal/g. Setelah tercapai kesetimbangan suhu campuran adalah .
A. -5 °C
B. 0 °C
C. 5 °C
D. 10 °C

28. Sepotong es bermasa 120 uam pada temperatur 0 °C dan tekanan udara 1 atm dimasukkan ke dalam suatu pemanas. Diamati bahwa dalam selang waktu 3 detik semua es tepat melebur. Jika pada tekanan udara tetap 1 atm air bermasa 250 gram pada temperatur 20 °C dimasukkan ke pemanas itu. maka temperaturnya naik menjadi 60 °C dalam selang waktu. (Diketahui kalor laten es 80 kal.g-i dan kalor jenis air 1 kal.g-1.°C-1.)
A. 11.526 detik
B. 6.504 detik
C. 3.125 detik
D. 2,880 detik

29. Orang dapat membedakan suara asli dan gemanya jika ada jeda waktu minimal 0,1 detik antara suara asli dan gemanya. Seseorang berdiri di depan suatu tebing yang lebar dan
lalu berteriak. Jika kelajuan bunvi di udara 344 m/s dan orang tersebut mendengar gema teriakannya dengan jelas, maka jarak minimum tebing dari orang adalah
A. 5,2 meter
B. 12,2 meter
C. 17,2 meter
D. 24.2 meter

30. Frekuensi getaran sebuah benda yang massanya m oleh pegas yang konstanta pegasnya k sama dengan frekuensi ayunan bandul yang panjang talinya / di tempat yang percepatan gravitasinya g. Dinyatakan dalam k, I dan g, massa benda tersebut adalah .
A. kl/g
B. gl/k
C. l/gk
D. k/gl

31. Pegas dengan konstanta pegas 1000 N/m, salah satu ujungnya terikat sementara ujung lainnya diberi beban 0,4 kg. Beban ditarik kemudian dilepas sehingga sistem berosilasi. Frekuensi osilasi sistem tersebut adalah .
A. 50 Hz
B. 50/𝜋 Hz
C. 25 Hz
D. 25/𝜋 Hz

32. Sebuah pegas yang digantungkan vertikal meregang sepanjamz 6 cm jika diberi beban 30 gram. Anggap percepatan uavitasi bumi 10 m/s². Jika massa beban di2anti menjadi 50 gram, kemudian sistem pegas ini digetarkan dengan simpangan kecil, periode getarnya adalah .
A. 0,20𝜋 detik
B. 0,24𝜋 detik
C. 0,36𝜋 detik
D. 0,72𝜋 detik

33. Suara mesin sebuah pesawat terbang merambat sebagai gelombang bunyi di udara dengan frekuensi f. Pesawat itu bergerak dengan kelajuan 0.5 v₀, dengan v₀ adalah kelajuan bunyi di udara. Bagi pengamat di arah depan pesawat, dua gelombang bunyi berurutan yang berasal dari pesawat datang dengan selang waktu
A. 2,0f ¹ detik
B. 1,5f ¹ detik
C. f¹ detik
D. 0,5 f¹ detik

34. Pada pembentukan bayangan oleh lensa terdapat kemungkinan terjadinv a cacat optik seperti aberasi dan atau distorsi. Aberasi koma terjadi karena
A. Berkas sejajar sinar datang tidak paraksial
B. Berkas sinar datang tidalc merupakan berkas sinar sejajar
C. Berkas sejajar sinar datang tidak sejajar sumbu utama lensa
D. Berkas sinar datang adalah polikromatik

35. Pada suatu percobaan, suatu bahan disinari dari udara dengan berbagai sudut datang dan diamati jejak sinar yang dipantulkan dan yang dibiaskan. Saat sudut datang 30°, sinar yang dipantulkan tegak lurus terhadap sinar yang dibiaskan. Dari data tersebut, diperoleh indeks bias bahan adalah...

36. Dua buah lensa konvergen identik disusun secara berurutan. Jarak antara kedua lensa adalah
dengan f adalah panjang fokus lensa. Sebuah benda ditaruh pada jarak X di depan lensa pertama. Jika bayangan benda terbentuk pada jarak X di belakang lensa kedua, maka X sama dengan .

37. Sebuah partikel bermassa 5 gram dan bermuatan listrik 100 e (e = 1,6 x 10 -19 coulomb) digantung dalam ruang bermedan listrik seperti pada gambar di samping ini. 
 Terus berbagi soal soal olimpiade disemua jenjang pendidikan Arsip OSN:  Soal OSN IPA SMP Tahun 2018 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

Bila percepatan gravitasi 10 m/det2, maka dalam keadaan seimbang, besar medan listrik tersebut adalah
 Terus berbagi soal soal olimpiade disemua jenjang pendidikan Arsip OSN:  Soal OSN IPA SMP Tahun 2018 Tingkat Nasional (No 26 - 40 )

38. Ion bermuatan negatif bergerak dengan kecepatan v dan memasuki ruang dengan medan magnet tegak lurus arah gerak ion. Akibatnya ion akan.
A. dipercepat geraknya
B. dibelokican arah geraknva
C. diperlambat geraknya
D. diam

39. Medan listrik yang ditimbulkan oleh silinder yang sangat panjang dan bermuatan listrik yang tersebar serba sama .
A. arahnya bergantung pada besar muatan
B. besarnya bergantung pada jenis muatan
C. besar dan arahnya bergantung pada besar dan jenis muatan
D. besar dan arahnya tidak bergantung pada besar dan jenis muatan

40. Sebuah kompas ditempatkan secara mendatar. Di atas kompas tersebut terdapat kawat lurus mendatar yang membawa arus listrik dari selatan ke utara. dan di sisi sebelah timer kompas tersebut terdapat kawat lurus vertikal yamg membawa arus listrik dart bawah ke atas. Jika medan magnet dari kedua kawat yang dirasakan oleh jarum kompas sama besarnya. dan medan magnet bumi dapat diabaikan. maka kutub utara jarum kompas akan menunjuk ke arah
A. Timor taut
B. Tenggara
C. Barat Taut
D. Barat daya

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya