Geveducation: Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS)

soal Hots Kurikulum 2013 - Salam semangat buat Guru-guru sekalian, postingan kali ini admin akan membagikan Modul atau Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinking Skills.

Buku Penilaian Berorientasi Higher Ordre Thinking Skills  Geveducation:  Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Sumber : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018.

Pengembangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. 
Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga para guru dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. 
 
Berikut ini Tujuan Buku Pegangan ini dikembangkan sebagai berikut:

1. Memberikan acuan kepada Guru dalam mengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

2. Memberikan acuan Kepala Skeoalh dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan penilaian beriorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;

3. Memberikan acuan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akaemeik dan manajerial terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan. 
 
Sasaran Buku Pegangan:

Sasaran penggunaan buku ini adalah sebagai berikut:

1. Guru Jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif;

2. Guru Sekoalh Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB);

3. Kepala Sekolah / Madrasah;

4. Pengawas Sekolah / Madrasah. 
 
Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS
 
Untuk informasi selengkapnya, silahkan unduh diisini



Demikianlah informasi terbaru yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat semuanya. Salam semangat dan salam satu data.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya