Geveducation: Contoh Buku Inventaris Barang di PAUD

Buku inventaris barang merupakan sebuah buku yang dipakai untuk mencatat benda-benda atau barang yang dimiliki oleh lembaga, khususnya dalam hal ini yaitu barang yang ada di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Buku tersebut dibuat dengan tujuan agar semua barang yang dimiliki bisa didata dengan baik, sehingga dapat diketahui dengan jelas apa saja dan berapa banyak barang, waktu di mana barang itu diterima atau dimiliki, dan sebagainya.

Manfaatnya bagi lembaga PAUD itu sendiri adalah sebagai media pen-catatan sekaligus bukti fisik terkait administrasi dalam hal inventarisasi.

Bagaimana format buku inventaris yang digunakan di PAUD?
Berikut ini merupakan contoh buku tersebut.

Klik gambar untuk memperbesar tampilannya

Sebagaimana dapat dilihat pada gambar di atas bahwa buku inventaris di PAUD meliputi bagian-bagian di antaranya:

  • Nama buku
  • Tabel dengan kolom berisi keterangan nomor, tanggal perolehan, nama barang, jumlah, asal barang, penghapusan barang (meliputi kolom jumlah, tanggal dihapuskan, dan keterangan).
Anda bisa membuat buku inventaris untuk PAUD Anda dengan mengikuti format atau contoh di atas. Setelah itu, silakan mulai mendata barang yang ada di lembaga masing-masing kemudian dicatat kondisinya berdasarkan keterangan pada kolom-kolom di tabel buku inventaris tersebut.

Berikut ini format blangko buku inventaris dalam bentuk doc yang bisa Anda dapatkan.

Download:

Semoga bermanfaat. Salam...

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya