Geveducation: Contoh Program Kerja Pramuka MI, MTs dan MA atau sederajat Lengkap

Setiap kegiatan di madrasah atau sekolah harus ada program kerja yang akan dicapai setiap tahun pelajaran berjalan. Sala satunya adalah program kerja kegiatan pramuka. Pada artikel ini admin akan membagikan progarm kerja pramuka tingkat SMP/ MTs.

Setiap kegiatan di madrasah atau sekolah harus ada program kerja yang akan dicapai setiap  Geveducation:  Contoh Program Kerja Pramuka MI, MTs dan MA atau sederajat Lengkap
Program Kerja Pramuka MI, MTs dan MA 
Dalam kegiatan program kerja pramuka tingkat sekolah biasanya dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramukan pangkalan di sekolah atau madrasah dibawah pimpinan langsung oleh Kepala sekolah atau madrasah.

# Tujuan Kegiatan Pramuka

Tujuan kegiatan kepramukaan adalah  sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional, yang  mempunyai tujuan mulia yaitu membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya poten-potensi dari siswa seperti postensi spiritual, potensi sosial bermasyarakat, potensi intelektual dan potensi fisik yang sehat.

Gerakan pramuka ini terwujud dalam hal-hal berikut :

1) Membentuk Kepribadian dan akhlak mulia kaum muda.
2) Menanaman semangat kebangsaan, cinta tanah ait dan bela negara bagi kaum muda.
3) Meningkatkan keterampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Selain mempunyai tujuan yang baik di berbagai hal yang termuat diatas pramuka juga mempunyai fungsi yang baik. Dari landasan-landasan tujuan kepramukaan maka pramuka mempunyai fungsi yang dijabarkan dibawah :

# Fungsi Kegiatan Pramuka

1. Suatu kegiatan yang menarik bagi siswa atau pemuda.

Kegiatan pramuka jelas mempunyai fungsi di bidang pendidikan dan hal yang penting kegiatan pramuka adalah kegiatan yang menyenangkan sehingga menjadi kegiatan yang menarik bagi siswa siswa atau anak muda. Dalam kegiatan pramuka didalamnya harus menarik dan mempunyai tujuan dan aturan permainan, bukan hanya bersifat hiburan. Harus ada sisi positif yang dapat diambil hikmahnya dari semua kegiatan tersebut.

2. Pengabdian bagi orang dewasa.

Pramuka bagi yang sudah dewasa seperti pembina bukan lagi permainan namun lebih ke pada pengabdian, keikhlasanm dan kerelaan dalam menjalankannya. Pramuka bagi yang dewasa dapat menjadi pembuktian diri atas kerelaan dan pengabdian demi suskes tercapainya tujuan organesasi kepramukaan tersebut.

3. Alat bagi masyarakat dan organisasi

Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatn kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka merupakan sekedar alat untuk mencapai tujuan.

Untuk mencapai tujuan dan fungsi kepramukaan maka setiap pangkalan bapak di madrasah atau sekolah harus mempunyai program kerja yang tertulis. Program kerja pramuka biasanya terselenggara selama satu tahun pelajaran.

Pos madrasah pada artikel ini akan membantu pembina pramuka dalam menyusun program kerja pramuka. Dengan adanya program pramuka yang dibagiakan disini bisa menjadi panduan untuk para pembina dalam menyusun programkerja kepramukaan.

Adapun isi dari program kerja pramuka yang akan admin bagikan bisa dilihat detailnya dibawah ini :


Halaman judul
Halaman pengesahan
Kata pengantar
Daftar isi

BAB I  : Pendahuluan
A. Latar Belakang         
B. Dasar Kegiatan       
C. Tujuan   
D. Sasaran

Bab II Visi  Misi  Ekstrakurikuler  Pramuka  Gugus Depan   Pangkalan   MI/MTs/MA
A. Visi Gudep MI/MTS/MA
B. Misi Gudep MI/MTS/MA
       
BAB III :  Program Ekstrakurikuler Pramuka       
A. Program Umum   
1.  Bidang Kegiatan  dan  Latihan  Peserta  Didik     
2.  Bidang Pendidikan Orang Dewasa       
3.  Bidang Sarana dan  Administrasi 
4.  Bidang  Keuangan       
B.  Penjabaran  Program  dalam  Semester     
C. Penjabaran  Masing-Masing Program       
D.  Silabus  Kegiatan  Ekstrakurikuler  Pramuka  Gudep  MI/MTS/MA
           
Bab IV : Organisasi Dan Tata Kelola     
A.  Susunan  Majelis  Pembimbing  Gugus  Depan     
B.  Susunan  Pengurus  Dewan  Kerja  Penggalang     
C. Dewan Kehormatan Penggalang     
D. Struktur Organisasi Gudep     
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan

Bab IV  :  Penutup


Program kerja ini telah dan bisa diimplementasikan pada kurikulum 2013 yaitu kurikulum pengganti kurikulum 2006 yang lama. Dan program kerja ini juga bisa digunakan untuk MI, MTs dan MA atau sederajat.

Untuk mengunduh program kerja pramuka tersebut silahkan klik link dibawah ini :

Download program kerja pramuka tingkat MI, MTs dan MA atau sederajat


Semoga program kerja pramuka untuk MI, MTs dan MA atau sederajat bisa bermanfaat dan digunakan untuk melaksanakan program kerja yang ada di sekolah atau madrasah anda. Dan program kerja ini masih bisa disempurnakan dalam arti anda bisa menambah atau mengurangi hal-hal yang tidak ada atau perlu dirubah.

Apakah kegiatan pramuka ditempat madrasah anda sudah mempunyai program kegiatan? Bila belum anda bisa mendownload contoh program kerja pramuka untuk sekolah atau madrasah tingkat MI, MTs dan MA atau sederajat yang admin bagiakan disini.

Apabila program kerja pramuka disekolah atau madrasah anda sudah terbentuk? Mari berbagi disini kiranya dapat digunakan atau dimanfaat bagi madrasah atau sekolah setingkat dengan yang anda punya.

Jika link unduhan program kerja kegiatan pramuka tingkat MI, MTs dan MA atau sederajat ini tidak bisa diunduh silahkan tinggalkan pesan melalui kontak atau kolom komentar dibawahini.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya