Ops: Cara Menciptakan Alat Sederhana Untuk Mengetahui Peredaran Darah Pada Badan Manusia

  kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah post wacana cara menciptakan alat sederhana untuk mengetahui peredaran darah pada badan manusia. tutorial kali ini sanggup juga dipakai untuk pembelajaran pada siswa sekolah dasar kelas tinggi, soalnya memakai alat-alat yang cukup berbahaya apabila di ajarkan untuk siswa sekolah dasar kelas rendah. dan kita juga perlu berhati-hati ketika memakai alat-alat tersebut supaya kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan tentunya. pribadi saja kita mulai dengan menyiapkan alat dan materi yang akan digunkan kali ini.

BAHAN YANG HARUS DISIAPKAN :
1. 6 Botol plastik bekas
2. 3 Meter selang kecil (diameter 8 mm)
3. Dua bekas ballpoint pegas (ballpoint yang dipakai ialah jenis gel pen)
4. Papan triplek 40 x 60 cm
5. Pewarna merah (tinta printer) secukupnya
6. 2 Buah gotri kecil
7. Busa karet





ALAT YANG HARUS DI SIAPKAN :
1. Pisau
2. Cutter
3. Solder
4. Lem silicin rubber
5. Lem alteco



kalau semuanya sudah lengkap dan tidak ada yang ketinggalan, kita pribadi saja mulai melaksanakan praktik menciptakan ata tersebut. simak baik-baiknya caranya.

LANGKAH-LANGKAH NYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
  1. Botol dilubangi bab atas dan bawah memakai Solder sesuai  diameter selang.
  2. Siapkan triplek, kemudian atur posisi 6 buah botol tersebut sesuai gambar di bawah.
  3. Potong busa karet sebanyak 6 bab sesuai ukuran. Rekatkan semua  busa karet pada triplek memakai Lem kastol, kemudian rekatkan semua botol pada busa karet (sebagai tumpuan).
  4. Untuk menciptakan katub, potong ballpoint dan ambil isinya, sisakan pegas dan dudukannya. Masukan gotri sampai gotri  terkunci oleh per dan ujung ulir ballpoint sehingga gotri dan per akan selalu bergerak untuk membuka dan menutup ketika mendapat tekanan.
  5. Sambungkan botol satu dengan botol yang lain dengan selang. Alur penyambungan selang terdapat pada gambar di bawah. Tambahkan  lem alteco di penyambungan selang kalau terasa longgar.
  6. Pasang katub dari ballpoint di antara bilik dan serambi ibarat gambar di bawah.
  7. Pastikan setiap sambungan benar-benar kedap udara dengan menambahkan lem silicon  rubber di sekitar sambungan selang.
  8. Rekatkan selang (pembuluh darah) pada triplek.
  9. Campurkan air dengan pewarna merah, kemudian masukan air (darah)  tersebut ke alat melalui bab “paru-paru” atau  “tubuh”.
hasil dari proses diatas ialah :



       Dalam alat ini, ketika salah satu bilik ditekan akan terjadi simulasi proses peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan seluruh tubuh. Seluruh botol terhubung dengan selang (sebagai pembuluh darah) dan katup bekerja dalam waktu bersamaan meskipun hanya satu bilik yang ditekan sehingga air (darah) bersirkulasi layaknya sistem peredaran darah manusia.  Sebagai contoh, pada ketika bilik kiri ditekan, air akan mengalir dari bilik kiri ke seluruh badan melalui pembuluh nadi, kemudian menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik. Pada ketika ditekan, air dari bilik kiri tidak sanggup kembali/bercampur ke serambi kiri, pada ketika ditekan katub akan menutup dan pada ketika dilepas air akan turun dari serambi ke bilik kiri.



       Sangat menawan hasil dari karya tersebut, silahkan dicoba untuk membuatnya sebagai alat praktik dirumah. tentunya harus hati-hati dalam melakukannya alasannya ialah ada alat-alat yang berbahanya. sebaiknya lagi kalau mendapat pemdampingan dari orang bau tanah atau orang yang telah cukup umur biar kondusif dalam melaksanakan nya. demikianlah simpulan dari postingan saya kali ini semoga bermanfaat untuk semuanya. trimakasih atas kunjungannya ke blog ini, dan selamat berkarya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya