PPDGJ: Wow... NASA menemukan ini di bawah es Greenland



NASA telah menemukan kawah meteorit besar di bawah es Greenland. Lebar kawah tersebut lebih dari 36 km (22 mil) dan terkubur di bawah 2 km (1,2 mil) es di barat laut Greenland.

NASA telah menemukan yang diyakini sebagai kawah tubrukan yang sangat besar dari hantaman meteorit yang tersembunyi di bawah es Greenland.

"Semakin jarang menemukan kawah tumbukan besar baru di Bumi, apalagi kawah seperti itu terkubur di bawah es," kata badan antariksa AS.

Namun dalam sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters itulah yang diyakini para ilmuwan NASA telah mereka lakukan.

Dengan menggunakan data satelit dan pengukuran radar yang diambil oleh pesawat, mereka telah memetakan sebuah kawah lebih dari 36 km (22 mil) lebar dan terkubur di bawah 2 km (1,2 mil) es di barat laut Greenland.


Itu berjarak hanya 183km (114 mil) dari kawah yang baru ditemukan di barat laut Greenland, kawah Hiawatha - yang berukuran 31km (19 mil) yang mungkin semuda 12.000 tahun.

Kawah baru ini bisa saja menjadi kawah terbesar ke-22 di Bumi, dengan yang terbesar adalah kawah Vredefort di Afrika Selatan, yang berukuran lebih dari 300 km ketika terbentuk.

Kawah Vredefort diyakini berusia lebih dari dua miliar tahun, dengan Bumi diperkirakan lebih dari 4,5 miliar tahun.

Kawah terbesar berikutnya, kawah Chicxulub di bawah Semenanjung Yucatan di Meksiko, jauh lebih muda dan sekitar setengah lebarnya, berukuran 150 km dan berumur 66 juta tahun.


Namun, kawah Chicxulub diyakini sebagai lokasi dampak meteor yang menyebabkan kepunahan massal tiga perempat kehidupan di Bumi - termasuk dinosaurus.

Para peneliti harus menentukan apakah potensi kawah baru itu terkait dengan kawah tumbukan Hiawatha.

Meski berukuran sama, kawah kedua tampak lebih terkikis, menurut tim.


Terikat dengan ini, es di atas situs dampak jauh lebih sedikit terganggu daripada es di atas kawah benturan Hiawatha.

Menurut analisis statistik para ilmuwan NASA, frekuensi dua dampak besar yang tidak terkait tetapi berdekatan menunjukkan bahwa itu tidak mungkin tetapi bukan tidak mungkin bahwa pasangan ini tidak terkait.

Namun apa hubungan itu belum bisa ditetapkan.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya