K13 Semester 2 2019 : Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Sd, Smp, Sma, Smk Terbaru

Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan SD K13 Semester 2 2019 : Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Terbaru

Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Terbaru pdf






Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 wacana Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakab bahwa siklus acara memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan menurut Standar Nasional Pendidikan; menciptakan perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemda sesuai dengan kewenangannya.

Pemerintah membuatkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi wacana mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan menurut data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemda dan sekolah.

Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Terbaru ini disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen legalisasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tingkat Sekolah Menengah Atas terdiri atas panduan umum, kuesioner pemetaan, petunjuk teknis pengisian kuesioner pemetaan, formulir data pokok pendidikan dan rapor peta mutu pendidikan. Kelima dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh alasannya yakni itu, dibutuhkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Terimakasih atas kerjasama dalam pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah.

PANDUAN UMUM

APA ITU PEMETAAN MUTU?

 Proses terkait acara pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi wacana capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.
 Memberikan citra kepada aneka macam pemangku kepentingan wacana capaian pemenuhan standar nasional pendidikan.

MENGAPA PEMETAAN MUTU DILAKUKAN?

 Salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal maupun eksternal.
 Menghasilkan peta mutu pendidikan yang sanggup dimanfaatkan oleh sekolah, pemerintah daerah, dan pemerintah sebagai pola dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sesuai kewenangan masing-masing.

BAGAIMANA PEMETAAN MUTU DILAKUKAN?

 Mengacu pada standar nasional pendidikan dengan memakai instrumen yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
 Standar nasional pendidikan dijabarkan dalam bentuk indikator mutu (lihat Gambar 3) dan sub-indikator mutu. Variabel pertanyaan dalam instrumen dibangun dari sub-indikator mutu dan didentifikasi sumber data dan informasi yang mendukung.
 Bedasarkan sumber data dan informasi, instrumen pemetaan mutu disusun dalam dua jenis yaitu kuesioner pemetaan mutu dan formulir data pokok pendidikan. Data dan informasi untuk formulir data pokok pendidikan diambil dari rekam data sekolah yang ada pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Data dan informasi untuk kuesioner pemetaan mutu perlu dihimpun kembali ke sekolah.
 Sekolah melaksanakan acara pemetaan mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan memberikan hasil penilaian tersebut dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ketentuan yang ada.
 Data dan informasi dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan untuk diolah menjadi peta mutu yang memuat capaian pemenuhan terhadap standar nasional pendidikan untuk disampaikan kepada sekolah, pemerintah tempat dan pemerintah pusat.
 Peta mutu dianalisa lebih lanjut sehingga sanggup dipakai sebagai pola perencanaan pendidikan oleh sekolah, pemerintah tempat dan sentra sehingga upaya pemenuhan mutu pendidikan berjalan sinergis alasannya yakni berasal dari sumber data dan informasi yang sama.

SIAPA YANG TERLIBAT DALAM PEMETAAN MUTU?

 Warga sekolah yang memperlihatkan data dan informasi pada level sekolah yaitu:
▪ Kepala sekolah
▪ Perwakilan guru
 minimal 1 guru per mata pelajaran.
 total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru
▪ Perwakilan siswa, dengan ketentuan:
 minimal 5 siswa per tingkat kelas.
 total perwakilan siswa minimal 15 siswa tiap sekolah.
▪ Perwakilan komite sekolah
 minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite
 minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa
▪ Pengawas yang merupakan pengawas pembina/manajerial.
memakai instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
 Pengawas sekolah dan/atau petugas pemetaan mutu yang telah dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk melaksanakan proses verifikasi dan validasi atas data yang akan disampaikan oleh sekolah.
 Petugas pemetaan mutu atau operator DAPODIK sanggup dilibatkan untuk membantu sekolah dalam merekam dan mengirimkan data dan informasi pemetaan mutu melalui aplikasi pengumpulan data yang ada di sekolah.
 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan pemerintah tempat untuk mengkoordinir biar seluruh sekolah sanggup terpetakan mutunya.

DIMANA PEMETAAN MUTU DILAKSANAKAN?

 Pemetaan mutu dilaksanakan di sekolah melalui acara Evaluasi Diri Sekolah.
 Pemetaan mutu pada level kewilayahan dilakukan oleh pemerintah tempat dan sentra dengan menghimpun hasil penilaian diri sekolah melalui instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh pemerintah sentra dengan pinjaman aplikasi pengumpulan data terpadu berbasis komputer yang ada di sekolah (DAPODIK) dan dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan.
 Pengolahan dan penyajian hasil pemetaan mutu dilakukan oleh sistem informasi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

KAPAN PEMETAAN MUTU DILAKSANAKAN?

 Pengumpulan data dan informasi dilakukan selama kurang lebih 4 bulan (Juni – September).
 Peta mutu pendidikan sebagai hasil pengolahan data dan informasi yang dihimpun dilakukan dan disajikan pada sistem informasi mutu pendidikan sesudah proses pengumpulan data dan informasi selesai.

KUESIONER PEMETAAN

 Sekolah sanggup membentuk tim yang terdiri atas pihak-pihak relevan biar sanggup mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.
 Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada masing-masing komponen dengan membaca bab panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bab setelahnya.
 Kepala sekolah dan tim sanggup berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu tempat atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memperoleh informasi dan penjelasan lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen.
 Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sesungguhnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.
 Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 Pemberian tanggapan untuk pilihan angka dilakukan dengan menentukan salah satu angka, untuk pilihan bertanda  dilakukan dengan menyilang (X) salah satu tanda dan untuk pilihan bertanda  dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda.

Selengkapnya, Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan Terbaru pdf sanggup di-download pada tautan berikut ini:


Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan SD Terbaru pdf

Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Terbaru pdf

Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Sekolah Menengan Atas Terbaru pdf

Download Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah kejuruan Terbaru pdf

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya