K13 Semester 2 2019 : Materi Materi Pengayaan Dan Remediasi Ppg 2019 Bahasa Inggris

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG  K13 Semester 2 2019 : Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris






A. RASIONAL

Pengembangan Materi Bahan Pengayaan dan Remedi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris ini didasari dari hasil penilaian penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, hasil penilaian mengatakan angka tingkat kelulusan penerima khususnya di UP PPG-PGDK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu perjuangan dalam membekali penerima PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan keinginan yang telah ditargetkan pada jadwal tersebut. Usaha yang dimaksud perlu adanya materi didik remediasi dan pengayaan sebagai sumber berguru yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya.

Bahan pengayaan dan remediasi mata pelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat. Selain itu, materi pengayaan dan remediasi yang dikembangkan ini meliputi soal-soal yang berasal dari soal UP tahun-tahun yang lalu, kunci dan pembahasannya. Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris soal materi kompetensi pedagogi juga dalam bahasa Inggris.

Dengan dikembangkan materi didik ini, penerima PPG PGDK akan bisa merefleksikan kemampuannya baik itu di kompetensi pedagogi maupun profesionalnya. Bahan didik ini juga dikembangkan dengan berfokus pada bagaimana cara penerima menjawab soal-soal UPPPG dengan memperhatikan pada pembahasannya. Namun, materi atau sumber lain juga diperlukan sanggup dipelajari oleh penerima PGDK untuk mendukung pemahaman pembahasan dalam materi didik ini.

Kesimpulannya, bahan didik pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini diperlukan bisa memudahkan guru (peserta) mata pelajaran bahasa Inggris yang mengikuti PPG PGDK untuk menghadapi atau menjawab soal-soal UP PPG.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan bahan materi pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini bertujuan untuk membantu penyiapan penerima PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG. Bahan didik ini dikembangkan sebagai media yang sanggup dipakai secara sanggup bangun diatas kaki sendiri maupun terbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL

1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi teladan dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan balasannya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, klarifikasi dan peluang pengembangannya.
4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN

A. MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK

Capaian Pembelajaran 1

Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator
Pedagogik 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, social, kultural, emosional, dan inteletual 1.1   Memetakan     kompetensi     bahasapeserta  didik  dalam  kelas  bahasaInggris
1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, social, kultural, emosional, dan inteletual 1.2   Menjelaskan kesulitan berguru yangdialami  peserta  didik  dalam  kelas bahasa Inggris
Indikator 1.1Soal:1.  As the counterbalance to linguistic competence, formulaic competence refers to chunks of language that speakers use heavily in everyday interactions. It includes the following EXCEPT ….A. idiomsB.  routinesC.  turn-takingD. collocationsE.  lexical framesKunci Jawaban: C (Turn-Taking)
Pembahasan:
Pada soal nomor ini (Indikator 1.1), indikator yang diambil ialah perihal kompetensibahasa Inggris. Untuk mencari jawaban yang benar, langkah-langkah yang ditempuh adalah:a. Mencari kata kunci atau frasa penting dalam soal, yaitu Linguistics Competence dan formulaic competence. Di dalam soal juga ditemukan kata counterbalance yang berarti bahwa linguistics dan formulaic competence saling mengimbangi. Sedangkan formulaic competence ialah serangkaian kata atau frasa yang harus diingat sebagai suatu rangkaian ekspresi, sehingga memiliki kaitan bersahabat dengan kompetensi berkomunikasi. Kata kunci lain ialah EXCEPT (kecuali).b. Mencari jawaban yang tepat/ benar. Dari pilihan jawaban, pilihan A (idioms), B (routines), D (collocations), dan E (lexical frames), semuanya ialah komponen yang dibutuhkan dalam kompetensi berkomunikasi, sedangkan C- turn taking ialah suatu urutan antara merespon dan berujar/ menginisiasi percakapan. Jadi, jawaban yang sempurna ialah C.
Indikator 1.2Soal:2. Among the areas where our behavior can directly influence our students’ motivation to continue participation in EFL classes is determining short-term goals which include the following EXCEPT ….

Selengkapnya, Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada tautan berikut:


Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya