PPDGJ: TUGAS AKHIR MODUL 5 PJOK


TUGAS AKHIR MODUL 5 PJOK

Tugas :
1. Menurut saudara, apa yang menjadi latar belakang perlunya modifikasi media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani.  !
2. Susunlah bentuk variasi latihan kekuatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani !
3. Menurut saudara, manfaat apa yang dapat diperoleh dari pembelajaran atletik terhadap pertumbuhan perkembangan siswa di sekolah ! 
4. Jelaskan langkah-langkah pengajaran materi passing atas permainan bola voli sesuai karakteristik siswa sekolah !
5. Tuliskan 1 (satu) permainan tradisional yang ada di daerahmu, serta jelaskan manfaat dari permainan tradisional tersebut yang dapat diperoleh terkait pengembangan sumber daya manusia khususnya dalam bidang pendidikan jasmani dan kesehatan !

Jawaban :
1.                  Hal-hal yang melatar belakangi perlunya modifikasi media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani antara lain : berkaitan dengan sarana dan prasarana sekolah yang belum lengkap, dengan sarana dan prasaran yang seadanya diperlukan suatu kreativitas seorang guru untuk memodifikasi media pembelajaran. selain itu dengan memodifikasi media pembelajaran guru dapat menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga peserta didik lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan hasil dalam belajar. Modifikasi media pembelajaran juga bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan namun menambah rasa ingin tau mereka dengan penyajian materi yang berbeda.

2.                  Bentuk variasi latihan kekuatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani :
Latihan kekuatan dengan menggunakan “Circuit Training”
·                     Dengan memanfaatkan lapangan bola voli atau basket, peserta didik dibagi menjadi 4 (empat) kelompok dan setiap kelompok menempati setiap sudut di lapangan yang ada.
·                     Pada asing-masing sudut peserta didik diminta untuk melakukan gerakan yang berbeda, sesuai dengan yang telah ditetapkan seperti berikut
·                    

1                                  2



4                                  3
 
Sudut 1 : Push Up
·                     Sudut 2 : Sit Up
·                     Sudut 3 : Back Up
·                     Sudut 4 : Squad Jump
·                     Masing-masing gerakan dilakukan dengan waktu selama 30 detik.
·                     Setelah melakukan gerakan, setiap kelompok melakukan rotas/perpindahan ke sudut selanjutnya dengan cara berjalan kaki.
·                     Perpindahan juga dimaksudkan sebagai waktu jeda/istirahat.
3.                  Menurut Saya manfaat yang diperoleh dari pembelajaran atletik terhadap pertumbuhan perkembangan siswa di sekolah antara lain :
·                     Pemenuhan minat untuk bergerak.
·                     Pengenalan dasar-dasar gerak atletik dalam bentuk permainan.
·                     Merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani (bertambahnya tinggi danberat badan yang harmonis) serta perkembangan gerak.
·                     Memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kesegaran jasmani.
·                     Membantu merehabilitasi kelainan gerak pada usia dini.
·                     Menghindari rasa kebosanan.
·                     Membantu menanamkan rasa disiplin, kerjasama, kejujuran, mengenal akan peraturan dan norma-norma lainnya.
·                     Menangkal pengaruh buruk yang datangnya dari luar.

4.                  Langkah-langkah pengajaran materi passing atas permainan bola voli sesuai karakteristik siswa sekolah adalah sebagai berikut :
a.                   Diawali dengan Pendahuluan (Kegiatan Awal)
·                                    Berdoa, menyanyikan salah satu lagu wajib nasional, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
b.                  Kegiatan Inti
·                     Membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok
·                     Setiap kelompok diberikan gambar rangkaian gerakan melakukan teknik dasar passing atas bola voli. (pemberian stimulan)
·                     Tanya jawab antara siswa dengan guru mengenai teknik dasar pasing atas permainan bola voli. (Pertanyaan)
·                     Setiap kelompok ditugaskan untuk mengamati rangkaian gerakan, kemudian mencari gambar atau video lainnya yang berkaitan dengan teknik dasar passing atas bola voli.(Pengumpulan data)
·                     Peserta didik melakukan teknik dasar passing atas permainan bola voli tanpa menggunakan alat (bola voli).(Pembuktian)
·                     Peserta didik di ajak ke lapangan, berbaris dan melakukan pemanasan.
·                     Guru dan siswa meberikan contoh dalam melakukan teknik dasar passing atas bola voli.(Pengumpulan data)
·                     Peserta didik melakukan teknik dasar passing atas permainan bola voli dengan menggunakan alat (bola Voli) secara individu, setelah itu dilanjutkan dengan berpasangan .(Pembuktian)


c.                   Diakhiri dengan Penutup
·                     Pendinginan, Evaluasi, diskusi dan tanya jawab tentang proses pembelajaran yang telah dipelajari (Generalisasi).
·                     Penugasan
·                     berdoa.

5.                  Permainan tradisional yang ada di daerahmu, serta jelaskan manfaat dari permainan tradisional tersebut yang dapat diperoleh terkait pengembangan sumber daya manusia khususnya dalam bidang pendidikan jasmani dan kesehatan.
Nama Permainannya adalah “Semunyi-semunyian”, atau dalam bahasa Indonesianya adalah Petak Umpet.
Cara Bermainnya : Permainan diawali dengan menentukan tempat jaga yang disebut “Sin”. Salah satu dari pemain diminta menutup mata dan menghitung 1-10 atau lebih sesuai kesepakatan. Saat ia menghitung, pemain yang lain berlari dan bersembunyi. Setelah hitungan selesai, penjaga akan membuka mata dan mencari lawan bermainnya yang bersembunyi. Bila ia menemukan temannya, penjaga dan yang ditemukan akan berlari menuju sin untuk menyentuh sin tersebut dan berkata sin, jika penjaga yang terlebih dahulu sampai maka yang penjaga yang menang, dan sebaliknya. Bila si penjaga gawang menyerah dan tidak menemukan lawannya yang bersembunyi, maka sisa pemain yang tidak ditemukan dianggap bebas dan menang, sementara penjaga akan melakukan undian dengan pemain yang berhasil didapat untuk menentukan siapa yang akan menjadi penjaga selanjutnya. Namun jika seluruh pemain berhasil ditemukan, penjaga dianggap menang, dan pemain lainnya yang melakukan undian sebagai penjaga.

Dari apa yang saya amati, Permainan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk melatih motorik anak. Membuat anak menjadi aktif bergerak dan juga aktif berpikir. Saat bermain, anak diharuskan mencari tempat persembunyian lawannya, itu berarti dapat mengasah daya pikir anak dan juga memupuk keinginan serta kegigihan anak untuk terus mencari tahu. Bagi anak yang diharuskan bersembunyai, permainan ini selain bermanfaat bagi motoriknya, juga merangsang daya pikir anak untuk mencari tempat persembunyian yang aman untuk dirinya. Selain itu, gerakan berlari saat menuju sin bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anak.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya