PPDGJ: Cara Mengupgrade Komponen PC yang Berkualitas

Komponen PC : Cara Membuat Daftar Komponen Komputer Terbaik
Oleh Kevin Lee, Zak Storey 


Meskipun Anda sudah mengetahui cara untuk membangun PC, menemukan komponen PC yang terbaik selalu saja menyita perhatian dan ketelitian. Seperti mencari kartu grafis, prosesor, motherboard atau bahkan RAM terbaik, sebaiknya kita berhati hati dengan penuh teliti. Karena tentu saja Pasar bisa membuat kita bingung, dengan semua pilihan merk dan harga apalagi jika Anda baru di dunia komputasi, dan kita akan bahas hal tersebut diawali dengan  perencanaan dan penelitian.

Jadi,menemukan komponen PC terbaik dengan harga yang wajar itulah yang menjadi pertimbangan kita yang paling mendasar tanpa terlalu membebani kantong. Menemukan komponen PC terbaik membuat  pengalaman membangun PC Anda menjadi jauh lebih baik.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat PC berkualitas dan budgetable, yakni;

1. Anggaran
Segala sesuatu tentu saja harus dimulai dengan dua hal utama yakni anggaran dan ambisi. Anggarannya jelas, berapa banyak uang yang Anda mau habiskan dan mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dengan PC baru Anda. Semakin rendah anggaran, semakin Anda harus memikirkan setiap uangyang dikeluarkan untuk mendapatkan beberapa komponen PC. Namun, penjualan musiman yang biasanya banyak diskon dapat membuat anggaran lebih mudah dikontrol.

Untuk membangun PC sudah seharusnya mempertimbangkan tujuan kita dalam menggunakan  PC tersebut. Apakah Anda menginginkan salah satu PC gaming terbaik? Atau, apakah Anda lebih suka memiliki PC home theater yang dapat berbaur mulus ke ruang tamu Anda? Apakah Anda ingin mengedit video dalam 4K? Tentu saja semua ini membutuhkan komponen PC yang berbeda untuk memaksimalkan penghematan dan kinerja.

Meskipun sebagian besar PC pada dasarnya harus mampu menangani tugas apa pun, lebih baik fokus pada komponen PC yang benar-benar Anda butuhkan. Karena, dengan PC terbaik, Anda tidak ingin kan jika ada komponen PC yang tidak digunakan sama sekali.

Setelah Anda tahu persis apa yang ingin Anda lakukan dengan PC build baru Anda, dan Anda tahu seperti apa anggaran Anda, Anda perlu memutuskan faktor bentuk Anda, dan apakah akan menggunakan Intel atau AMD. Dan, begitu itu semua keluar dari jalan, Anda siap untuk membangun.

2. Processor
Processor adalah komponen yang benar-benar paling penting dan untuk alasan itulah kami mulai di sini. Memilih prosesor terbaik dimulai dengan memutuskan antara AMD atau Intel karena mereka adalah pembuat chip yang terbaik saat ini.

Dari processor, pilihlah yang tepat sesuai juga dengan anggaran Anda. AMD Athlon serta Intel Pentium dan Celeron memang terjangkau dan namun hanya cocok untuk tugas komputasi dasar, pemutaran media, dan aplikasi sederhana. Sementara itu, Intel Core dan AMD Ryzen dapat melayani keseluruhan pengguna yang ingin membangun apa saja dari HTPC yang murah hingga PC gaming yang baik. Terakhir di kelas atas, ada Intel Core X dan AMD Ryzen Threadripper tentu saja untuk yang lebih intens atau berat seperti produksi video, pemodelan 3D, dan streaming gamer.

Prosesor Intel Core i5 secara tradisional telah menjadi chip untuk PC gaming. Ini karena sebagian besar game mainstream saat ini lebih intensif secara grafis. Namun, ini telah perlahan-lahan berubah seperti Battlefield V yang menuntut kinerja multithreaded atau prosesor yang lebih tinggi. Meski begitu, Anda bisa juga bertahan di sebagian besar game dengan Intel Core i5-9400 yang mengikuti sebagian besar kebutuhan game.

Dan tentu saja, karena AMD akhirnya kembali beraksi, kami benar-benar merekomendasikan AMD Ryzen 5 2600X juga. Baik Intel i5-8400 dan AMD Ryzen 5 2600X memberikan pukulan yang fenomenal dalam hal bermain game. Intel sedikit keluar dari frame dalam game dengan kinerja single-core, sementara AMD mundur dalam tugas komputasi, dan beban kerja yang lebih berat.

Jadi apa yang kita maksud dengan itu? Pada dasarnya, Ryzen 5 2600X paket multi-threading, yang berarti enam inti dan 12 untaian Ryzen yang murni, dan satu ton kekuatan pemrosesan cadangan untuk setiap dan semua aplikasi yang Anda jalankan di samping, membuatnya sempurna untuk streaming.

Processor
Intel Core i5-8400                                   $199.99
AMD Ryzen 5 2600X                              $159.99

Mainboard
Asus TUF B350M-PLUS Gaming          $81.99

VGA
Nvidia GeForce GTX 1060                     $329.99

RAM
Corsair Vengeance LED DDR4               $170

HDD
Samsung 850 EVO                                  $59.99

Power Supply
Corsair RM650i                                       $109.99

PC Casing
NZXT H400i                                           $149.99

Cooling Fan
Noctua NH-U12S                                    $57.99

Langkah demi langkah

1. Lepas
Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah melepaskan kasing sejauh mungkin. Lepaskan setiap panel yang Anda bisa, dan simpan di tempat yang aman (di dalam kotak kasing adalah pilihan terbaik). Kami sarankan menggunakan mangkuk (atau baki komponen magnetik jika Anda ingin menjadi mewah) untuk memegang sekrup Anda selama proses pembuatan PC Anda.

2. Fan-tastic
Jika Anda telah membeli beberapa kipas pengganti atau pendingin ekstra, sekarang saatnya untuk menginstalnya di tempat yang Anda butuhkan. Usahakan agar pengaturan pendingin Anda seimbang, sehingga ada banyak udara yang masuk, seperti yang diterbangkan. Jika Anda tidak yakin ke arah mana angin akan pergi, penjaga kipas plastik biasanya menunjukkan ke mana udara akan datang.

Biasanya Anda ingin dua kipas di bagian depan menarik udara masuk dan setidaknya satu di bagian belakang meniup udara keluar. Anda juga dapat memasang satu atau dua kipas opsional ke atap case PC untuk knalpot tambahan, jika case PC Anda memiliki titik pemasangan untuk mereka.

3. Instalasi Mobo
Sebelum kita menginstal motherboard, Anda perlu memeriksa beberapa hal tentang casing PC Anda. Periksa standoff motherboard yang terpasang sebelumnya, pastikan jumlah dan pengaturannya atau sesuai dengan lubang yang ditemukan pada motherboard Anda.

Kedua, lihat apakah casing PC Anda memiliki guntingan CPU besar atau potongan jendela di bagian belakang bingkai motherboard. Jika tidak, Anda mungkin ingin memasang backplate pendingin CPU dan drive solid-state M.2 pada saat ini.

Sekarang sudah selesai, pertama temukan perisai I / O belakang motherboard Anda, dan dorong ke slot persegi di belakang casing PC Anda. Pastikan sisi kanan menghadap ke atas dengan mencocokkan pola atau guntingan dengan pengaturan atau port di belakang atau motherboard Anda.

Selanjutnya, letakkan motherboard Anda di dalam sasis - dengan hati-hati menyambungkan port belakangnya dengan lubang yang sesuai pada perisai I / O yang baru saja Anda pasang - di atas standoff yang terpasang pada sasis Anda.

Maka itu adalah kasus sederhana mengamankan motherboard dengan sekrup yang datang dengan sasis Anda. Pastikan Anda menggunakan yang benar di sini, jika Anda tidak ingin mengaitkan kebuntuan, jika Anda perlu menghapusnya di kemudian hari.

4. Instalasi CPU
Selanjutnya, masukkan CPU Anda ke motherboard. Di sinilah segalanya sedikit berbeda tergantung pada keluarga prosesor dan / atau merek yang Anda pilih.

Untuk CPU arus utama Intel, geser lengan penahan pegas keluar dan naik, lalu angkat braket meninggalkan penutup plastik di tempatnya. Kemudian, dengan lembut tempatkan CPU Anda di dalam soket, cocok dengan segitiga emas yang terletak di sudut kiri bawah prosesor, dengan segitiga di braket soket.

Untuk langkah berikutnya, Anda harus menggeser braket pengaman ke posisi semula sehingga terkunci di bawah sekrup dan menahan lengan penahan ke bawah. Selama proses ini, tutup plastik pelindung akan lepas, jadi jangan panik jika ia terbang ke arah Anda. Pastikan untuk menyimpan penutup di tempat yang aman karena akan melindungi pin sensitif motherboard jika Anda memutuskan untuk melepaskan prosesor dari motherboard.

Jika Anda memasang CPU AMD, untungnya instalasi tidak terlalu menakutkan. Tidak ada braket di sini, cukup angkat lengan retensi dalam posisi terangkat.

Anda kemudian harus mengambil prosesor Anda dan mencocokkan segitiga emas di sudut prosesor Ryzen dengan segitiga di soket. Setelah pin di bagian bawah jajaran prosesor dengan lubang di soket, jatuhkan ke tempatnya. Berikan sedikit dorongan untuk memastikannya aman, lalu turunkan lengan retensi kembali ke bawah dan kunci di tempatnya.

Instalasi prosesor selesai, wah.

5. Masalah Memori
Agenda berikutnya adalah menginstal memori komputer. Tekan kait di kedua ujung slot DDR4 pada motherboard Anda. Kemudian sejajarkan takik di bagian bawah memori dengan takik di slot. Setelah itu, Anda dapat memasang memori dengan menekan kedua sisi memori ke dalam slot dengan hati-hati. Anda harus mendengar bunyi klik saat memori terpasang pada tempatnya dan kaitnya klik kembali.

Pastikan Anda menggunakan slot terjauh dan terdekat dari CPU jika Anda hanya menggunakan dua memory stick. Selesaikan itu dan Anda akan baik-baik saja.

6. Pemasangan lebih dingin
Inilah bagian rumit terakhir dalam proses pembuatan PC, pendingin CPU.

Sebagian besar pendingin pihak ketiga memerlukan pemasangan pelat belakang, yang mungkin atau mungkin belum Anda lakukan dari langkah tiga panduan pembuatan PC kami. Setiap pendingin individu akan memiliki set instruksi sendiri.

Dari sana Anda akan ingin menyesuaikan termal jika pendingin CPU Anda belum dilengkapi dengan pra-penerapan. Pengguna akan ingin memeras gumpalan kecil, sekitar ukuran atau setengah kacang, ke tengah CPU. Ini akan menyebar setelah pendingin Anda dipasang, dan menyediakan bahan antarmuka termal yang cukup untuk memindahkan panas dari prosesor ke pendingin atau pilihan Anda.

Untuk pendingin udara, Anda ingin memasang sebagian besar model dengan kipas yang tidak terpasang. Dengan hati-hati arahkan pendingin ke pin atau benang pelat pemasangan dan kencangkan dengan sekrup ibu jari atau sekrup biasa yang disediakan. Setelah itu, ini hanyalah kasus pemasangan kembali kipas ke menara, dan memasukkan header kipas PWM 4-pin ke dalam slot CPU Fan pada motherboard.

Pendingin cair pada dasarnya mengikuti proses yang sama, tetapi membutuhkan kerja lebih awal. Anda mungkin harus memasang kipas pada radiator dan memasangnya ke casing PC Anda terlebih dahulu. Bergantung pada pendingin cair mana yang Anda gunakan, Anda mungkin juga perlu menyambungkan kabel empat-pin kedua ke pendingin AIO khusus atau header pendingin opsional pada motherboard Anda.

Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk memasukkan sisa kipas sistem Anda ke slot yang tersedia di papan tulis. Atau sebagai alternatif, jika casing PC Anda memiliki pengendali kipas terintegrasi di bagian belakang sasis untuk mengarahkan semua penggemar Anda, maka langsung ke motherboard. Ini juga harus terhubung ke motherboard melalui USB header.

7. Instalasi penyimpanan
Setelah memori masuk, saatnya untuk fokus pada beberapa penyimpanan memori non-volatil, hard drive, dan solid-state drive. NZXT H400i kami memiliki braket SSD kecil di bagian depan. Memasang drive 2,5 inci ke dalam caddies ini sangat mudah, karena Anda dapat menggesernya ke dalam opsi dengan opsi untuk mengamankan sepenuhnya dengan empat sekrup.

Sebagian besar casing PC modern dilengkapi dengan beberapa jenis SSD. Tetapi jika Anda tidak melakukan kasus ini, drive drive 3,5 "yang biasanya disediakan untuk hard drive harus memiliki titik pemasangan yang kompatibel. Apa pun jenis drive penyimpanan yang Anda pasang, pastikan port koneksi menghadap ke kabel yang terputus di dalam sasis Anda karena itu akan membuat kabel routing lebih mudah.

8. Penempatan PSU
Sekarang Anda sudah menginstal motherboard, CPU, dan memori, Anda akan ingin menginstal catu daya Anda berikutnya. Jika Anda memiliki PSU modular, cari tahu kabel apa yang Anda butuhkan sebelumnya, dan sambungkan ke catu daya Anda terlebih dahulu.

Jika casing PC Anda dilengkapi dengan braket PSU, lepaskan terlebih dahulu dan pasangkan ke bagian belakang unit. Selanjutnya pasang kabel melalui slot PSU di bagian belakang casing terlebih dahulu, dan kemudian geser PSU ke tempatnya, kencangkan braket kembali ke sasis.

Jika tidak, pada case yang lebih lama Anda harus menyelipkan catu daya melalui bagian dalam sasis dan mendorongnya dengan kuat ke dinding bagian dalam saat Anda memasangnya dengan empat sekrup.

Tergantung pada desain atau kasing Anda, Anda harus mengarahkan kipas ke area ventilasi yang terpasang di dalamnya. Untuk sebagian besar kasus, kami sarankan menghadap kipas ke bawah atau ke samping menjauh dari bagian dalam PC Anda. Dengan cara ini, PSU Anda dapat menarik udara segar dan mengeluarkan panas melalui bagian belakang.

9. Semua tombol
Agar tombol daya I / O depan Anda berfungsi dengan baik, Anda harus mencolokkan kabel yang benar. Untungnya, pada NZXT H400i kami, ini adalah satu blok yang dihubungkan langsung ke header I / O depan pada motherboard, pastikan Anda mengorientasikannya dengan cara yang benar, kemudian dorong ke tempatnya pada pin.

Untuk orang lain, ambil masing-masing pin, dan, menggunakan buku pegangan instalasi motherboard, identifikasi pin dan kabel mana yang perlu disambungkan. Coba lakukan bagian ini dengan lembut, agar tidak menekuk pin. Penting untuk dicatat bahwa setiap lampu LED (HDD dan Daya), perlu diarahkan dengan benar, dengan kabel + dan - dipasang ke + dan - pin di papan tulis.

Ini juga saat yang tepat untuk menyambungkan tajuk USB 3.0, tajuk USB 2.0, dan passthrough audio Anda. Audio terletak di kiri bawah kebanyakan motherboard. Ini akan diberi label, dan pin out akan berbeda dengan header USB 2.0. Pasang kabel USB 3.0 Anda (dilambangkan dengan ujung berwarna biru) ke setiap slot yang tersedia di papan, pastikan untuk meluruskan pin dengan lubang pada kabel USB 3.0.

10. Kabel teka-teki
Sekarang Anda dapat mencolokkan sisa kabel daya Anda.

Identifikasi kabel EPS 8-pin Anda, dan geser ke atas sasis, melalui grommet kabel dan hubungkan ke slot daya 8-pin di bagian atas motherboard. Kemudian, cari kabel 24-pin yang lebih besar, geser kabel itu melalui reses perutean kabel apa saja pada sasis dan sambungkan ke port daya ATX 24-pin yang sesuai pada motherboard.

Selanjutnya, ambil daya SATA Anda dan sambungkan ke drive penyimpanan apa pun. Jika Anda memiliki sesuatu yang terpasang di bagian depan kasing, jalankan kabel daya SATA ini melalui kain kafan PSU, grommet atau lubang yang sesuai, dan ke drive 2,5 inci yang dipasang di depan. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menyambungkan kabel Data SATA antara drive penyimpanan dan motherboard juga.

Terakhir, Anda ingin menyambungkan kabel daya PCIe Anda melalui guntingan di penutup PSU atau grommet / lubang samping, sehingga siap digunakan saat Anda memasang GPU.

11. Suara grafik
Akhirnya kami memiliki potongan teka-teki terakhir untuk diakhiri.

Pertama-tama lihat motherboard Anda dan cari slot PCIe yang paling dekat dengan prosesor Anda. Dari sana cari dua slot PCIe di sebelah tempat Anda ingin memasang GPU dan menghapusnya. Dalam kebanyakan kasus PC, itu melibatkan melepaskan dua sekrup pada penutup slot PCIe dan melepaskannya.

Keluarkan kartu grafis Anda dari kantong anti-statis dan sejajarkan dengan slot yang baru saja kami buka. I / O belakang pada GPU harus menghadap bagian belakang sasis. Setelah kontak emas pada GPU Anda menyentuh PCIe, dorong perlahan ke tempatnya sampai Anda mendengar bunyi klik. Kemudian gunakan sekrup yang sama yang kami lepaskan dari penutup slot PCIe untuk mengamankan GPU pada tempatnya.

Maka itu hanyalah case atau mencolokkan PC Anda - yang Anda perute dengan langkah terakhir kami - dan kami memiliki PC yang sepenuhnya dibangun (kebanyakan).

12. Ke dalam BIOS
Sekarang sistem sudah dibangun, jangan pasang kembali semua panel Anda dulu. Pertama, Anda ingin memastikan itu benar-benar menyala dan berjalan dengan benar.

Ambil alih menara yang Anda bangun sementara ke ruang komputer pra-pengaturan Anda dan hubungkan ke daya, layar, keyboard dan mouse juga. Nyalakan, dan tumbuk tombol hapus untuk masuk ke layar BIOS. Periksa suhu CPU Anda, pastikan itu beroperasi di suatu tempat sekitar 30-40 derajat C, dan pastikan boot drive Anda mendaftar dengan benar.

Jika semuanya muncul, sekarang juga saat yang tepat untuk mengaktifkan XMP untuk Intel atau DOCP untuk AMD untuk memastikan memori Anda beroperasi pada frekuensi yang benar. Lalu tekan F10, simpan dan keluar. Kemudian matikan.

13. Merapikan
Sekarang kami yakin mesin bekerja, lepaskan lagi dan bawa kembali ke ruang kerja Anda. Ini layak dilakukan karena Anda ingin memasang kembali semua panel case PC dan merapikan kabel yang longgar.

Itu berarti menggunakan ikatan kabel untuk menyatukan kabel sebanyak yang Anda bisa. Sebagian besar casing PC datang ke cut-out kabel untuk digunakan sebagai titik pengikat. Di mana pun tidak, kami biasanya menggunakan kabel yang lebih tebal untuk membantu mendorong yang lebih kecil ke bagian dalam sasis komputer kami.

14. Menginstal Windows
Bawa sistem kembali ke ruang komputer Anda, di mana ia akan selamanya - atau setidaknya sampai upgrade Anda berikutnya - karena kami ingin menginstal sistem operasi berikutnya.

Sebagian besar rig modern tidak memiliki drive optik untuk menginstal OS Anda, jadi Anda harus membuat instalasi USB pada PC lain. Untuk melakukan ini, unduh Kit Penciptaan Media Windows 10 dan kemudian instal Windows 10 ke stik USB dengan ruang minimal 8GB.

Kemudian, setelah selesai, cukup tancapkan ke sistem baru Anda. Kembali ke BIOS Anda untuk memberi tahu sistem Anda untuk mem-boot dari stik USB terlebih dahulu. Dari sana Anda dapat melihat petunjuk untuk menginstal sistem operasi ke rig baru Anda. Jangan khawatir tidak memiliki kunci perangkat lunak selama instalasi, Anda dapat mengaktifkan Windows 10 setelah Anda mencapai desktop.

15. Pemeliharaan desktop
Setelah Anda akhirnya masuk, pergilah ke situs web produsen, temukan motherboard Anda, pergilah ke layanan, dan unduh driver chipset yang benar untuk sistem Anda.

Ninite adalah alat yang bagus bagi Anda untuk mendapatkan semua program karena cepat tanpa harus khawatir menginstal masing-masing secara individual. Di situs Ninite, Anda dapat memilih program mana yang Anda inginkan, mengunduh penginstal dan membiarkannya menjalankan keajaibannya. Setelah itu, unduh dan instal driver grafis yang benar untuk kartu Anda dan Anda akan siap untuk duduk dan menikmati.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya