PPDGJ: Kumpulan Soal Formatif Modul 1 KB 1 s/d 4 Tematik PGSD PPGDALJAB

MODUL 1 TEMATIK

FORMATIF KB 1 TEMATIK

1. Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai moral dan aturan karena menghindari hukuman dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan . .
b. Pekembangan moral menurut kohlberg

2. Berikut yang merupakan perkembangan motorik siswa SD pada usia 8-10 tahun menurut Santrock adalah . . .
a. Dapat mengunakan tangan secara bebas, mudah, dan tepat atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang

3. Tahap perkembangan kognitif menurut piaget dimana kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai nampak meskipun terkait hal-hal yaang dapat dibayngkan dan anak mulai menguasai hukum kekekalan kuantitas, panjang dan volume disebu tahap. .
c. Operasional konkret

4. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi materi yang dipelajari, menggunakan model, metode, media, dan bahan ajar yang variatif sesuai minat siswa agar mereka tertarik mempelajarinya, serta memberikan pujian secara verbal maaupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
c. Prinsip perbedaan individu



5. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup peserta didik seperti berfikir kritis, berfikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang bermakna bagi peserta didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya dapat diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang sedang dihadapinya merupakan aktivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik yaitu . . .
a. Pembelajaran dengan keterampilan aplikatif

6.Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun cara pandang peserta didik tentang pentingnya materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan cara pandangnya terhadap hakikat belajar sehingga mereka memahami dan memandang bahwa belajar merupakan hidup mereka dan penciri hidup mereka merupakan penerapan salah satu pembelajaran menurut Thorndike yaitu . . .
b.Prinsip persepsi

7.Berdasarkan karakteristik peserta didik SD pada kelas rendah, guru perlu menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan karateristik peserta didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik SD kelas rendah adalah . . .
c.Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan sendiri secara aktif dengan memberikan contoh

8.Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang dcurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran menunjukkan . . .
c.Potensi siswa

9.Kemampuan siswa dalam menggambar bangun ruang dari berbagai sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan . . .
d.Spasial-visual

10.Pembelajaran yang dilasanakan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan sendiri melalu eksplorasi, mencoba, emngumpulkan data, dan kegiatan lainnya sehingga mereka dapat belajar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn) dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar merupakan akivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
a.Peserta didik mencari tahu buka diberi tahu

KB 2 : Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD

MODUL 1 TEMATIK

FORMATIF KB 2 TEMATIK

1. Aliran teori belajar yang memandang bahwa belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman adalah ….
d. Konstruktivisme

2. Aliran teori belajar yang memberi penekanan tentang perilaku manusia sebagai hasil interaksi faktor dalam diri dan lingkungan adalah ….
a. Behaviorisme

3. Aliran teori belajar yang paling menonjol diterapkan bu Popi adalah ….
b. Konstruktivisme

4. Belajar sebagai hasil meniru aktivitas orang lain merupakan salah satu pernyataan terkait teori belajar menurut ….
b. Bandura

5. Implementasi fase pembelajaran menurut teori belajar Piaget dimana siswa aktif menggali pengetahuan dengan cara mengamati struktur materi pembelajaran berupa pengetahuan faktual (fakta yang terdiri dari peristiwa, fenomena, simbol, dan fakta lainnya) merupakan implementasi fase ….
b. Eksplorasi

6. Implementasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ….
b. Anak akan belajar jika diberikan motivasi

7. Menurut aliran teori belajar humanism, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia.sehingga tujuan utama guru adalah ….
b. Membantu siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya

8. Pada saat siswa mulai belajar menulis bilangan, guru memfasilitasinya dengan buku siswa yang didalamnya terdapat titik-titik yang membentuk beberapa bilangan. Pada pembelajaran berikutnya, siswa mulai menulis bilangan dibantu oleh guru dengan cara memegangi pensil siswa untuk diarahkan, berikutnya siswa menulis bilangan secara mandiri.
Aktivitas tersebut merupakan penerapan salah satu prinsip pada teori belajar Skinner, yaitu….
c. Prinsip pembentukan

9. Salah satu fase pembelajaran dengan menerapkan teori Pavlov dengan cara mengurangi bahkan menghilangkan stimulus kondisi secara berangsur-angsur sehingga yang tersisa adalah stimulus utama supaya respon tetap terjadi meskipun tanpa stimulus kondisi disebut fase ….
b. Eliminasi

10. Teori belajar tentang Zone Of Proximal Development (ZPD) yang amengatakan bahwa perkembangan potensial akan selalu lebih tinggi dan dibandingkan perkembangan aktual karena pengaruh dari lingkungan yang dikondisikan dengan baik merupakan teori ….
d. Vygotski

Modul 1 : TEMATIKKB 3 : Kekhasan Bidang Studi dan Implementasi Pendekatan Pembelajaran di SDMODUL 1 TEMATIKFORMATIF KB 3 TEMATIK


1. Srtuktur materi pembelajaran pada mata pelajaran IPA terdiri dari fakta, konsep, prinsip, hokum, dan teori merupakan hakikat IPA sebagai ….
a. Produk ilmiah

2. Model pembelajaran kooperatif yang bersifat kompetitif dan dapat diterapkan untuk mengatasi dominasi oleh siswa berkemampuan belajar tinggi adalah ….
d. Time Game Tournament

3. Berikut merupakan model pembelajaran yang diturunkan dari pendekatan kuantum (Quantum Teaching and Learning) adalah ….
c. Model Tandur

4. Langkah-langkah pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran yang telah dikaji secara ilmiah disebut ….
d. Model pembelajaran

5. Mata pelajaran yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam berbagai dimensi ruang dan waktu serta berbagai aktivitas kehidupannya sesuai dengan kebutuhan siswa adalah ….
c. Ilmu Pengetahuan Sosial

6. Dalam tugas kelompok yang diberikan oleh guru, setiap siswa diharapkan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dalam kelompoknya. Hal tersebut membuat siswa belajar bertanggungjawab atas tugas yang diberikan kepadanya. Proses tersebut merupakan aktualisasi salah satu prinsip pembelajaran kooperatif yaitu prinsip ….
c. Tanggung jawab individu

7. Jika Anda hendak mengajar siswa untk dapat melakukan penyelidikan dengan mengembangkan keterampilan proses IPA dasar, maka model atau metode pembelajaran yang sesuai adalah ….
c. latihan inkuiri

8. Struktur materi ajar berupa prosedur idealnya dapat disampaikan oleh guru dalam pembelajaran melali metode ….
c. Demonstrasi

9. Dalam pembelajaran tematik terpadu, seorang guru hendak membiasakan siswa untuk berpikir, berkomunikasi, dan menjadi warga negara yang baik dan selalu mentaati aturan yang berlaku di masyarkat. Mata pelajaran yang mungkin dapat dipadukan dalam pembelajaran tersebut adalah ….
d. Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn

10. Dalam pembelajaran, guru mengajak siswa untuk membandingkan hasil percobaan kelompoknya dengan hasil percobaan kelompok lain. Pada pendekatan saintifik kegiatan ini termasuk pada langkah ….
a. Mengasosiasi

PROFESIONAL
Modul 1 : TEMATIK
KB 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21

1. Menurut Kurikulum 2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD adalah …..
B. Sikap

2. Yang merupakan penguatan tata kelola dalam kurikulum 2013 adalah …..
D. Satuan pendidikan dan guru tidak diberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional

3. Pendekatan saintifik untuk komponen mengamati dalam pembelajaran tematik ….. 
A. Peserta didik mendengarkan suara – suara hewan

4. Pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik disebut…..
C. Tematik Terpadu

5.  KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan BSNP. Tujuan Umum KTSP adalah …..
D. Memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi)  kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

6. Model Pembelajaran yang menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui, masalah yang diperhadapkan kepada peserta didik semacam masalah yang direkayasa oleh guru adalah model….
A. Discovery Learning



7. Pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan,  kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP, adalah konsep dari …..
D. Pembelajaran Langsung

8. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, Kurikulum yang lahir tahun 2004 disebut juga dengan …..
A. Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK

9. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup adalah …..
C. Siswa membuat laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan

10. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena / informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan,  Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa …..
C. mengasosiasi/mengolah Informasi (associating)

Contoh Soal yang Lain

1. Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk ....
memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan

2. Berikut yang merupakan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang memfasilitasi berkembangnya untuk kecakapan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi pada fase mengamati adalah ...
Memfasilitasi siswa untuk menemukan fokus, ide pokok, pesan, dan makna dari fenomena alam atau teks.

3. Dalam pembelajaran di Kelas V SD Indonesia Berkarya dengan tema hidup rukun, guru menjabarkan menjadi subtema, yaitu tempat hidup, fungsi, dan manfaat hidup rukun. Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok "menyelidiki" satu subtema dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Setiap siswa diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber belajar yang diperlukan. Masing-masing kelompok membuat laporan dan memresentasikannya di depan kelas. Dalam pembelajaran tersebut, prinsip pembelajaran tematik yang belum nampak adalah ....
pemberian umpan balik

4. Keinginan untuk mencari tahu melalui proses analisis berpikir sistemik dan evaluasi terhadap suatu keadaan untuk membuat keputusan melalui ide, bukti, alasan, dan informasi dalam upaya menyelesaikan masalah merupakan merupakan definisi salah satu kompetensi abad 21, yaitu ....
Berpikir kreatif

5. Keterpaduan materi pembelajaran dalam pembelajaran tematik terpadu dapat dilakukan dalam satu mata pelajaran dari beberapa mata pelajaran yang terkait pada tema pembelajaran dengan mengaitkan beberapa konsep yang saling berhubungan. Model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan keadaan di atas adalah model ....
connected

6. Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang harus dilaksanakan oleh guru pada kurikulum 2013 adalah ….
menganalisis buku guru dan buku siswa, melakukan analisis materi pembelajaran, memetakan KD, memetakan IPK, mengembangkan bahan ajar, dan menyusun RPP

7. Pembelajaran tematik terpadu bersifat luwes. Guru dapat mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan keadaan lingkungan di mana sekolah dan siswa berada. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu, yaitu ....
fleksibel

8. Pengertian kompetensi dasar menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 adalah ....
kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti

9. Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assesment), kegiatan yang dilakukan adalah ….
meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi

10. Seorang guru kelas II SD akan menilai laporan hasil identifikasi benda-benda yang dikenal siswa dan kegunaannya melalui pengamatan. Guru tersebut perlu menyusun kriteria kunci untuk menilai laporan siswa, banyaknya siswa adalah 50 orang. Manakah kriteria kunci yang menunjukkan siswa telah mencapai apa yang diharapkan?
Ketepatan penulisan nama benda dan kegunaannya dan kerapian tulisan.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya