PPDGJ: Tips Mudik Lebaran 2019

Ya, sobat Koda, tidak terasa sudah 14 hari Ramadhan sudah kita lalui, dan Lebaran jadi hari yang spesial untuk berkumpul bersama keluaraga kembali. Namun, Bagi Anda yang jauh dari rumah, Lebaran adalah waktu untuk pulang. Setelah hampir setahun kita tidak bertemu dan sekarang saatnya untuk pulang. Agar lebaran terasa menyenangkan dan berkesan, berikut adalah tips mudik lebaran yang bisa Anda lakukan...



1. SEBELUM MUDIK LEBARAN
Beberapa hal di bawah ini dapat dipersiapkan sebelum berangkat untuk mudik sehingga perjalanan bolak-balik terasa aman dan nyaman:

Pertama, Tentukan Kendaraan yang akan Digunakan
Banyak pilihan kendaraan dapat dipilih untuk pergi ke kota asal, mulai dari transportasi umum maupun pribadi. Pilih kendaraan yang menurut Anda paling aman dan nyaman. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, periksa dan siapkan kendaraan Anda terlebih dahulu ya paling tidak ke bengkel kepercayaan Anda. Kemudian, gunakan layanan google maps untu mencari rute mudik alternatif yang aman jangan lupa untuk bertanya kepada teman yang mungkin sudah pernah berkunjung ke kota atau kampung halaman kita.. Bersiap-siap untuk jalur dapat membantu Anda mengurangi kemacetan di jalan. Untuk mengisi bahan bakar kendaraan, Jika menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat dan kereta api, cari kendaraan yang paling nyaman dan tentu saja yang tidak menguras kantong.

Kedua, Tetapkan Pengeluaran Anggaran Selama Mudik
Selama mudik, kemungkinan untuk menghabiskan banyak uang untuk mencapai tujuan Anda dan juga selama di sana akan menjadi perhatian yang serius. Oleh kerena itu, beberapa minggu sebelum pulang, kita bisa membuat daftar anggaran belanja, seperti anggaran untuk tiket, penginapan (jika rumah sanak keluarga tidak memungkinkan), THR Lebaran untuk orang tua dan mungkin juga keponakan, jadi Tukarkan uang seminggu sebelum berangkat di bank tentu saja patut dipertimbangkan, dan pengeluaran tak terduga. Persiapan anggaran dapat membantu kita mengetahui berapa biayanya dan dapat menyiapkan keuangan kita sebelum bepergian. Jika Anda hanya dapat menggunakan uang THR untuk pulang, itu adalah hal yang baik.

Ketiga, Siapkan Item Default
Tips mudik lebaran yang perlu dilakukan adalah membuat daftar barang bawaan beberapa hari sebelum berangkat sehingga tidak ada barang yang tertinggal. Jangan biarkan barang-barang penting. Selain itu daftar ini juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan karena nanti akan merepotkan di dalam kendaraan dan juga bisa jadi sewaktu pulang barang yang kita bawa kemungkinan bertambah.. Selain itu, jika naik pesawat, barang yang melebihi kapasitas juga akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

Keempat, Persiapkan Obat Fisik dan Pribadi
Salah satu tips untuk pulang adalah menyiapkan kotak P3K di mobil. Mudik bisa menjadi sebuah kegiatan yang cukup melelahkan. Persiapkan fisik secara maskimal agar tidak mudah sakit dalam perjalanan. Terutama jika Anda mengendarai kendaraan pribadi untuk menghindari kecelakaan. Olahraga kecil teratur setiap hari dan istirahat yang cukup dan makanan yang terjaga dapat menjaga tubuh tetap sehat. Juga persiapkan peralatan P3K dan obat-obatan pribadi sehingga jika ada yang sakit di jalan, mereka dapat segera dirawat dan dapat pulang dengan nyaman..

2. SAAT PERJALANAN MUDIK
Pertama, Siapkan uang tunai yang cukup
Tentunya banyak biaya tak terduga yang dikeluarkan, seperti tiket wisata, membeli air mineral saat bolak-balik saat di rumah, dan lain-lain. Di kota asal jauh dari kota, juga sulit menemukan mesin ATM. Siapkan uang tunai yang cukup sesuai dengan rencana kita menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga.

Kedua, Bawalah Hiburan Selama Mudik
Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu Anda dengan smartphone ataupun dengan kegiatan yang lain, seperti membaca Al Quran dan Zikir ataupun Buku. Selain itu juga bersiap untuk keadaan darurat. 

Ketiga, Jangan terlalu boros untuk membeli sesuatu selama masa perjalanan
Membeli oleh oleh adalah tradisi yang boleh dilakukan oleh mereka yang pulang. Dalam membeli oleh oleh, jangan takut untuk menawar harga secara bijaksana. Anda juga dapat menggunakan bahasa setempat untuk menciptakan rasa kebersamaan dengan pedagang. Jika Anda bepergian dengan banyak saudara, belilah oleh oleh dalam jumlah yang cukup besar dan kemungkinan mendapat diskon.

Keempat, Selfie dengan kerabat Anda
Nikmati dan manfaatkan momen Lebaran bersama kerabat di kota asal Anda.  Jangan pikirkan waktu untuk segera kembali ke kota asal Anda sebelum melakukan aktivitas yang menyenangkan saat berada di sana dan rekamlah setiap momen. Abadikan momen setahun sekali dengan mengajak semua saudara Anda untuk berfoto bersama. Anda dapat menyimpan foto-foto ini sebagai kenang-kenangan atau juga dapat diunggah ke media sosial pribadi.

Demikianlah tips Mudik Lebaran 2019. Semoga Mudik Lebaran kali ini sangat berkesan dan menyenangkan. 

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya