PPDGJ: TUGAS AKHIR MODUL 1 PPGDALJAB PROFESIONAL PJOK


Instructions :
  1. Buatlah proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sertakan contoh dan penjelasan!
  2. Uraikan dan jelaskan keterampilan gerak dan contoh kegiatan dalam pembelajaran PJOK! 
Jawaban :
1.  Pertumbuhan merupakan Perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah / fisik dan menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme/ individu. Misalnya Seorang bayi yang mulai tumbuh gigi dan bertambahnya tinggi badan.


Perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Misalnya seorang bayi dari tengkurap menjadi bisa merangkak, dari merangkak menjadi belajar berjalan, hingga akhirnya anak yang bisa tegap berjalan dan berlari. Perkembangan peserta didik terdiri dari 3(tiga aspek, yaitu perkembangan kognitif yang berkaitan dengan kecerdasan dan cara berfikir peserta didik, contohnya perkembangan cara berbicara pada saat anan-anak dengan ketika saat mereka menginjak usia remaja. Kedua yaitu perkembangan psikis atau yang disebut juga mas storm and stess yaitu terjadinya pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik yang pesat dan pertumbuhan secara psikis yang bervariasi, Contohnya timbulnya tingkah laku yang super aktif dan pelanggaran-pelanggaran peraturan sekolah yang ada. Perkembangan sosial peserta didik adalah berkembangnya tingkat hubungan antar manusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia, contonya interaksi antar peserta didik maupun antara peserta didik dengan pendidik dan lingkungan bermasyarakat.

2.      Keterampilan gerak dasar terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu :
Ø  Keterampilan Lokomotor, merupakan kemampuan berpindah seorang individu dari satu tempat ke tempat yang lain. Contohnya dalam pembelajaran PJOK seperti berlari pada saat melakukan pemanasan dinamis.
Ø  Keterampilan Non lokomotor, merupakan kemampuan melakukan gerakan tanpa berpindah tempat. Contohnya seperti gerakan Squad jump, push up materi kebugaran jasmani pada pembelajaran PJOK.
Ø  Keterampilan Manipulatif, merupakan keterampilan yang melibatkan pengendalian terhadap objek tertentu, terutama menggunakan tangan dan kaki. Contohnya pada pembelajaran PJOK adalah latihan melakukan smash pada materi pembalajaran bola voli.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya